The Effect of Job Satisfaction and Job Stress on Turnover Intention at Four Points by Sheraton Bali Kuta

  • Sarah Meitriana Dewi Saragih Universitas Udayana
  • Ni Made Ariani Udayana University
  • Ni Nyoman Jamin Ariana Udayana University

Abstract

Turnover Intention yang tinggi dapat menjadi ancaman bagi perusahaan sebab dapat berpotensi kehilangan karyawan dan memberikan dampak negatif terhadap perusahaan. Perusahaan perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi turnover intention dalam upaya pencegahan turnover diantaranya adalah kepuasan kerja dan stress kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan stress kerja secara simultan dan pasrial terhadap turnover intention di Four Points by Sheraton Bali Kuta. Teknik penentuan responden yaitu menggunakan sampel jenuh dengan membagikan 134 kuesioner kepada karyawan tetap di Four Points by Sheraton Bali Kuta dengan menggunakan kuesioner skala likert. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan melakukan penujian pada uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi yang akan dianalisis menggunakan perangkat SPSS 20.0. Berdasarkan penghitungan SPSS 20.0 diperoleh hasil bahwa variabel kepuasan kerja dan stress kerja berpengaruh positif secara simultan terhadap turnover intention, dan secara parsial kepuasan kerja berpengaruh negatif terhadap turnover intention dan stress kerja berpengaruh positif terhadap turnover intention. Nilai R2 sebesar 0.157, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kepuasan kerja dan stress kerja dapat menjelaskan turnover intention di Four Points by Sheraton Bali Kuta sebesar 15.7 % dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-27
How to Cite
SARAGIH, Sarah Meitriana Dewi; ARIANI, Ni Made; JAMIN ARIANA, Ni Nyoman. The Effect of Job Satisfaction and Job Stress on Turnover Intention at Four Points by Sheraton Bali Kuta. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 87-104, jan. 2023. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/66438>. Date accessed: 23 may 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>