Pengamatan Makroskopis Kadaver Ayam Broiler di Rumah Pemotongan Unggas Pt. Ciomas Adisatwa di Desa Kaba-Kaba, Tabanan, Bali Yang Didasarkan Atas Kausa Primanya

  • Dhinar Wahyu Prasetyo Universitas Udayana
  • Mas Djoko Rudyanto Universitas Udayana
  • I Ketut Berata Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menduga penyakit pada kadaver ayam broiler yang disebabkan oleh viral, bakterial dan parasitik di Rumah Pemotongan Unggas (RPU) PT. Ciomas Adisatwa di Desa Kaba-Kaba, Tabanan. Penelitian ini dilakukan dengan cara pengamatan patologi anatomik pada 100 kadaver yang berasal dari budidaya peternakan ayam broiler di Tabanan, Denpasar, Badung, Klungkung, Bangli, Karang asem dan Jembrana.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kadaver broiler di RPU PT. Ciomas Adisatwa di Desa Kaba-Kaba, Tabanan, diduga yang terinfeksi penyakit baterial yaitu CRD 43 ekor, snot 4 ekor, penyakit viral yaitu ND 13 ekor, Gumboro 5 ekor, penyakit viral yaitu koksidiosis 1 ekor, sebab lain 33 ekor. Di Kabupaten Badung terdapat 3 ekor diduga sebab lain.Di Kabupaten Tabanan  penyakit yang teramati masing-masing 30% (30 ekor) diduga CRD, 1% (1 ekor) diduga koksidiosis dan 5% (5 ekor) diduga sebab lain. Di Kabupaten Bangli 7% (7 ekor) diduga CRD, 13% (13 ekor) diduga ND, 3% (3 ekor) diduga gumboro, 7% (7 ekor) diduga sebab lain. Di Kabupaten Klungkung 2% (2 ekor) diduga snot,  2% (2 ekor) diduga gumboro dan 4% (4 ekor) diduga sebab lain. Di Pkp 2% (2 ekor) diduga CRD, 1% (1 ekor) diduga koksidiosis dan 9% (9 ekor) diduga sebab lain. Di Kabupaten Karang asem 1% (1 ekor) diduga CRD. Di Kabupaten Jembrana 3% (3 ekor) diduga CRD, 2% (2 ekor) diduga snot, 5% (5 ekor) diduga sebab lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dhinar Wahyu Prasetyo, Universitas Udayana
Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
Mas Djoko Rudyanto, Universitas Udayana
Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
I Ketut Berata, Universitas Udayana
Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
Published
2014-01-04
How to Cite
PRASETYO, Dhinar Wahyu; RUDYANTO, Mas Djoko; BERATA, I Ketut. Pengamatan Makroskopis Kadaver Ayam Broiler di Rumah Pemotongan Unggas Pt. Ciomas Adisatwa di Desa Kaba-Kaba, Tabanan, Bali Yang Didasarkan Atas Kausa Primanya. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], jan. 2014. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/8890>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

rumah pemotongan hewan, kadaver, pengamatan patologi anatomi.