Pemberian Efective Microorganism (Em4®) terhadap Gambaran Histopatologi Hati Tikus Putih (Rattus Norvegicus) Betina

  • I GEDE ENDRA KUSUMA Universitas Udayana
  • I KETUT BERATA Universitas Udayana
  • ANAK AGUNG GDE ARJANA Universitas Udayana

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang “Pengaruh Pemberian Effective Microorganism 4 (EM4®) Terhadap Gambaran Histopatologis Hati Tikus Putih (Rattus norvegicus) Betina” yang bertujuan untuk mengetahui efek farmakodinamik dari probiotik EM4® dengan dosis dan interval pemberian waktu tertentu serta dengan melihat pengaruhnya pada gambaran histopatologi hati tikus putih (Rattus norvegicus).
Penelitian ini menggunakan metode rancangan acak lengkap (RAL), dengan menggunakan sampel berupa 25 ekor tikus putih (Rattus norvegicus) betina yang betumur tiga bulan dengan berat badan rata-rata 200 gram yang dibagi kedalam lima kelompok perlakuan (K1, K2, K3, K4, K5) dengan lima kali pengulangan dan interval waktu pemberian selama 21 hari. Sebelum diberikan perlakuan tikus putih (Rattus norvegicus) diadaptasikan selama 7 hari. Kelompok K1 tanpa perlakuan Effective Microorganism (EM4®), kelompok K2 diberikan perlakuan Effective Microorganism (EM4®) dengan dosis 0,25 ml/ekor/hari, kelompok K3 diberikan perlakuan Effective Microorganism (EM4®) dengan dosis 0,5 ml/ekor/hari, kelompok K4 diberikan perlakuan Effective Microorganism (EM4®) dengan dosis 1/ekor/hari, kelompok K5 diberikan perlakuan Effective Microorganism (EM4®) dengan dosis 2 ml/ekor/hari. Pemberian probiotik EM4® dilakukan peroral dengan sonde khusus yang dilakukan pada hari ke 8, setelah diberikan perlakuan selama 21 hari hewan dieuthanasia menggunakan dietil eter kemudain di nekropsi untuk diambil organ hati untuk pembuatan preparat histopatologi dengan pewarnaan Harri Hematoxylin-Eosin, kemudian diperiksa dibawah mikroskop dnegan pembesaran 100x.
Hasil pemeriksaan histopatologi hati dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis berasarkan data pengamatan didapat bahwa tidak ditemukannya degenerasi hidrofik, degenerasi melemak dan nekrosis pada kelompok ytang diberikan perlakuan probiotik

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-01-16
How to Cite
ENDRA KUSUMA, I GEDE; BERATA, I KETUT; GDE ARJANA, ANAK AGUNG. Pemberian Efective Microorganism (Em4®) terhadap Gambaran Histopatologi Hati Tikus Putih (Rattus Norvegicus) Betina. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], jan. 2013. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/4416>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Effective Microorganism, Tikus Putih, Farmakodinamik, Histopatologi