Pemunculan Birahi Pascamelahirkan pada Sapi Bali di Beberapa Kelompok Ternak Wilayah Kerja Puskeswan Sobangan, Badung, Bali

  • Ni Luh Evy Dhayanti Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Desak Nyoman Dewi Indira Laksmi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • I Putu Sampurna Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah munculnya birahi pascamelahirkan atau estrus post partum dipengaruhi oleh manajemen pemeliharaan sapi bali pada kelompok ternak wilayah kerja Puskeswan Sobangan, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Penelitian ini menggunakan 72 ekor sapi bali pascamelahirkan/post partum.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuntitatif dengan metode survei menggunakan teknik sampling jenuh.  Data yang dikumpulkan adalah data primer.  Pengumpulan data dengan cara wawancara menggunakan kuisioner dan melakukan observasi secara langsung.  Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif distribusi frekuensi kuantitatif dan dilanjutkan dengan hierarchial cluster dengan waktu muncul birahi pascamelahirkan/estrus post partum sebagai variable dan manejemen pemeliharaan sebagai objek, hasil yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel dan grafik dendrogram. Prosedur analisis menggunakan SPSS IBM versi 25.  Hasil penelitian menunjukkan munculnya estrus post partum pada sapi bali yang dipelihara di beberapa kelompok ternak wilayah kerja Puskeswan Sobangan adalah 3,24±1,12 bulan.  Berdasarkan analisis klaster diperoleh enam keanggotaan klaster dan keanggotaan klaster tidak berpengaruh oleh manajemen pakan dan manajemen kandang, hal ini dapat terlihat dari skor manajemen pakan dan manajemen kandang tersebar merata pada tiap klaster.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Desak Nyoman Dewi Indira Laksmi, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Reproduksi dan Kemajiran Veteriner

I Putu Sampurna, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Biostatistik dan Epidemiologi Veteriner

Published
2021-07-31
How to Cite
DHAYANTI, Ni Luh Evy; LAKSMI, Desak Nyoman Dewi Indira; SAMPURNA, I Putu. Pemunculan Birahi Pascamelahirkan pada Sapi Bali di Beberapa Kelompok Ternak Wilayah Kerja Puskeswan Sobangan, Badung, Bali. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 576-588, july 2021. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/71527>. Date accessed: 01 july 2024. doi: https://doi.org/10.19087/imv.2021.10.4.576.
Section
Original Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>