Pemberian Salep Ekstrak Daun Kersen, Efektif Meningkatkan Proses Angiogenesis Pada Kesembuhan Luka Insisi Kulit Mencit Hiperglikemia

  • Laras Ayu Nadira Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Anak Agung Gde Jayawardhita Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Anak Agung Ayu Mirah Adi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Abstract

Kesembuhan luka pada penderita hiperglikemia akan lebih lambat dari kesembuhan luka normal yang disebabkan oleh tingginya kadar glukosa di dalam darah, sehingga menurunkan aliran darah dan memperlambat proses mengeringnya luka.  Dalam upaya penyembuhan luka yang dikomplikasi dengan hiperglikemia, dapat dilakukan dengan penggunaan pengobatan tradisional, salah satunya dengan ekstrak daun kersen (Muntingia calabura L.).  Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh pemberian salep ekstrak daun kersen terhadap percepatan kesembuhan luka insisi kulit mencit yang mengalami hiperglikemia melalui pengamatan proses angiogenesis.  Penelitian ini menggunakan sebanyak 24 ekor mencit (Mus musculus) jantan sebagai hewan coba yang dibagi ke dalam 4 kelompok perlakuan, (T0) dengan konsentrasi ekstrak daun kersen 0%, (T1) 30%, (T2) 40%, dan (T3) 50%.  Mencit diinduksi menggunakan aloksan (150 mg/kg BB, intraperitonial) agar hiperglikemia, kemudian diinsisi di punggung dengan panjang luka ± 1,5 cm dan kedalaman ± 2 mm hingga mencapai subcutan.  Selanjutnya diberikan perlakuan menggunakan salep ekstrak daun kersen secara topikal selama 5 hari, lalu dibiopsi pada hari ke-6.  Proses penyembuhan luka diamati pada preparat histopatologi berdasarkan hasil angiogenesis, lalu dilakukan perhitungan rerata jumlah pembuluh darah pada masing-masing perlakuan.  Hasil yang didapatkan adalah pemberian salep ekstrak daun kersen pada luka insisi kulit mencit hiperglikemia terbukti dapat meningkatkan proses angiogenesis, dilihat dari hasil perbandingan rerata jumlah pembuluh darah antara keempat kelompok perlakuan.  Dapat disimpulkan bahwa konsentrasi ekstrak daun kersen 50% terbukti memiliki rerata jumlah pembuluh darah hasil proses angiogenesis yang lebih tinggi dibandingkan dengan konsentrasi 0%, 30%, dan 40% sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan luka insisi kulit mencit yang mengalami hiperglikemia.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Anak Agung Gde Jayawardhita, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Ilmu Bedah Veteriner

Anak Agung Ayu Mirah Adi, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Patologi Veteriner

Published
2021-11-30
How to Cite
NADIRA, Laras Ayu; JAYAWARDHITA, Anak Agung Gde; ADI, Anak Agung Ayu Mirah. Pemberian Salep Ekstrak Daun Kersen, Efektif Meningkatkan Proses Angiogenesis Pada Kesembuhan Luka Insisi Kulit Mencit Hiperglikemia. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 851-860, nov. 2021. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/64994>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19087/imv.2021.10.6.851.
Section
Original Research