Prevalensi dan Identifikasi Protozoa Eimeria sp., dan Isospora sp., Intestinal Sapi Bali di Dataran Tinggi dan Dataran Rendah Basah

  • Fiorencia Zefanya Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Ida Ayu Pasti Apsari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Ida Bagus Made Oka Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Abstract

Infeksi protozoa gastrointestinal merupakan salah satu faktor yang sering mengganggu kesehatan ternak sapi bali.  Prevalensi infeksi protozoa gastrointestinal dapat beragam karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya faktor kondisi lingkungan.  Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui prevalensi dan identifikasi infeksi protozoa gastrointestinal sapi bali yang dipelihara secara semi intensif di dataran tinggi dan dataran rendah basah provinsi Bali, serta hubungan kondisi wilayah, jenis kelamin dan umur terhadap prevalensi infeksi protozoa gastrointestinal.   Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 300 feses sapi bali segar yang diperiksa dengan metode pengapungan menggunakan zat pengapung gula Sheater.  Hasil dari penelitian didapatkan 101 dari 300 (33,6%) sampel yang diperiksa positif terinfeksi protozoa gastrointestinal.  Data hasil penelitian dianalisis dengan uji Chi-square dan didapatkan hasil bahwa kondisi wilayah, jenis kelamin dan umur tidak berpengaruh nyata terhadap prevalensi protozoa gastrointestinal.  Hasil identifikasi protozoa gastrointestinal di wilayah dataran tinggi dan dataran rendah basah Provinsi Bali hanya di dapatkan Eimeria sp dan Isospora sp.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fiorencia Zefanya, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Mahasiswa Kedokteran Hewan

Ida Ayu Pasti Apsari, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Parasitologi Veteriner

Ida Bagus Made Oka, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Parasitologi Veteriner

Published
2021-03-31
How to Cite
ZEFANYA, Fiorencia; APSARI, Ida Ayu Pasti; OKA, Ida Bagus Made. Prevalensi dan Identifikasi Protozoa Eimeria sp., dan Isospora sp., Intestinal Sapi Bali di Dataran Tinggi dan Dataran Rendah Basah. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 180-188, mar. 2021. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/61387>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.19087/imv.2021.10.2.180.
Section
Original Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>