Laporan Kasus: Pemasangan Selang Drainase Dalam Penanganan Pasca-Operasi Reseksi Transmissible Venereal Tumor pada Vulva Anjing Persilangan

  • Renata Saulina Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • I Nengah Wandia Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • I Ketut Anom Dada Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Abstract

Transmissible venereal tumor (TVT) adalah tumor yang ditularkan secara horizontal dengan sel tumor venereal berbentuk bulat besar yang didiagnosis pada anjing. Berdasarkan anamnesis, temuan klinis, serta dikonfirmasi hasil biopsi, anjing didiagnosis menderita TVT. Pada pemeriksaan sitologi yang dilakukan di Balai Besar Veteriner Denpasar, sel-sel tumor yang ditemukan berupa sel-sel limfoblas dengan ukuran dan bentuk homogen disertai adanya stroma dan indeks mitosis sedang. Penangan dalam kasus anjing penderita TVT ini dilakukan dengan pengangkatan jaringan tumor pada vulva dan dilanjutkan dengan pemasangan selang drainase kemudian pemberian kemoterapi vincristine sulphate 0,025 mg/kg berat badan secara intravena diberikan sebanyak 1 kali setiap sekali seminggu selama 4 minggu. Setelah dua minggu observasi, luka operasi sembuh sepenuhnya. Kasus ini terbukti bahwa pemasangan selang drainase dapat mencegah akumulasi urin pada vulva.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Nengah Wandia, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Anatomi Veteriner

I Ketut Anom Dada, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Ilmu Bedah dan Radiologi Veteriner

Published
2020-03-31
How to Cite
SAULINA, Renata; WANDIA, I Nengah; DADA, I Ketut Anom. Laporan Kasus: Pemasangan Selang Drainase Dalam Penanganan Pasca-Operasi Reseksi Transmissible Venereal Tumor pada Vulva Anjing Persilangan. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 259-269, mar. 2020. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/60969>. Date accessed: 11 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.19087/imv.2020.9.2.259.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>