Prevalensi Parasit Cacing Saluran Pencernaan pada Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis) di Pulau Nusa Penida, Klungkung, Bali

  • I Wayan Gde Murdayasa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • I Nengah Wandia Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Nyoman Adi Suratma Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Abstract

Penyakit parasitik merupakan penyakit infeksi yang umum terjadi pada satwa primata, baik ektoparasit maupun endoparasit yang dapat mengancam menurunnya populasi primata di alam bebas. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang prevalensi parasit cacing pada monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) di Pulau Nusa Penida, Klungkung, Bali. Sebanyak 50 sampel feses dikoleksi dari Pura Puncak Mundidan Pura Goa Giri Putri masing-masing sebanyak 15 sampel, 10 sampel di Pura Puser Sahab, dan 10 sampel di Pura Paluang secara acak dan diawetkan dengan menggunakan 2% Kalium Bikromat (K2Cr2O7). Sampel feses selanjutnya diperiksa di Laboratorium Parasitologi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, dengan menerapkan metode apung untuk mengetahui keberadaan telur-telur parasit cacing. Data yang diperoleh ditabulasikan dan selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ditemukan prevalensi parasit cacing monyet ekor panjang di Pulau Nusa Penida sebesar 52% dengan prevalensi parasit Strongyloides sp. sebesar 48% dan Ancylostoma sp. sebesar 38%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa prevalensi parasit cacing pada monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) di Pulau Nusa Penida, Bali tergolong tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Nengah Wandia, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Anatomi dan Embriologi Veteriner
Pusat Studi Primata

Nyoman Adi Suratma, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Parasitologi Veteriner

Published
2019-11-30
How to Cite
MURDAYASA, I Wayan Gde; WANDIA, I Nengah; SURATMA, Nyoman Adi. Prevalensi Parasit Cacing Saluran Pencernaan pada Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis) di Pulau Nusa Penida, Klungkung, Bali. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 798-805, nov. 2019. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/58616>. Date accessed: 08 may 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>