Pemberian Tepung Cacing Tanah (Lumbricus rubellus) dalam Pakan terhadap Jumlah Trombosit dan Nilai MPV (Mean Platelet Volume) pada Anak Babi Landrace Jantan Lepas Sapih

  • Gusti Ayu Putu Indira Pradnyani Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Ida Bagus Komang Ardana Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Ni Luh Kartini Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Abstract

Tepung cacing tanah (Lumbricus rubellus) mulai dilirik untuk dicampur dengan pakan babi, karena banyak manfaatnya. Tepung cacing tanah memiliki kadar protein yang cukup tinggi yaitu sebesar 76% dan mengandung enzim peroksidase, katalase dan selulase yang sangat dibutuhkan untuk memperbaiki proses fisiologis tubuh dan melancarkan sirkulasi darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung cacing tanah dalam pakan terhadap jumlah Trombosit dan nilai MPV (Mean Platelet Volume) pada anak babi landrace jantan lepas sapih. Penelitian ini menggunakan 24 ekor anak babi landrace jantan setelah sapih dengan perlakuan berupa pemberian tepung cacing tanah dalam pakan selama 30 hari yang dibagi menjadi empat kelompok yaitu kelompok P0 (tanpa penambahan tepung cacing tanah pada pakan), kelompok P1, P2 dan P3 dengan pemberian tepung cacing tanah dosis 4 g,  8 g, 16 g/kg pakan, masing-masing kelompok terdiri dari enam ekor babi. Pada akhir penelitian pemeriksaan jumlah trombosit dan nilai MPV menggunakan alat hematology analyzer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tepung cacing tanah dosis 4 g, 8 g dan 16 g/kg pakan menunjukkan penurunan jumlah trombosit dibandingkan kontrol, analisis ragam menunjukkan hasil tidak berbeda nyata antar perlakuan dan tidak mempengaruhi nilai MPV.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ida Bagus Komang Ardana, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Patologi Klinik Veteriner

Ni Luh Kartini, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Biologi Tanah Konsentrasi Tanah dan Lingkungan

Published
2019-05-31
How to Cite
PRADNYANI, Gusti Ayu Putu Indira; ARDANA, Ida Bagus Komang; KARTINI, Ni Luh. Pemberian Tepung Cacing Tanah (Lumbricus rubellus) dalam Pakan terhadap Jumlah Trombosit dan Nilai MPV (Mean Platelet Volume) pada Anak Babi Landrace Jantan Lepas Sapih. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 289-297, may 2019. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/53434>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>