Prevalensi dan Identifikasi Parasit Gastrointestinal pada Musang Luak (Paradoxurus hermaphroditus) di Rumah Produksi Kopi Luwak Cikole Bandung

  • Hanifah Alshofa Nurul Aini
  • Ida Ayu Pasti Apsari
  • Ida Bagus Made Oka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi dan identifikasi jenis-jenis parasit gastrointestinal yang menginfeksi musang luak yang dipelihara di Rumah Produksi Kopi Luwak Cikole Bandung. Sejumlah 58 sampel feses diperiksa dengan metode konsentrasi apung menggunakan larutan NaCl jenuh. Parameter yang diamati adalah morfologi untuk mengetahui jenis parasit gastrointestinal yang menginfeksi musang luak. Kejadian infeksi parasit gastrointestinal dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prevalensi parasit gastrointestinal pada musang luak di Rumah Produksi Kopi Luwak Cikole Bandung sebesar 6,89%. Jenis parasit gastrointestinal yang ditemukan pada musang luakterdiri dari:Ancylostoma sp. dan ookista coccidia.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-03-25
How to Cite
AINI, Hanifah Alshofa Nurul; APSARI, Ida Ayu Pasti; OKA, Ida Bagus Made. Prevalensi dan Identifikasi Parasit Gastrointestinal pada Musang Luak (Paradoxurus hermaphroditus) di Rumah Produksi Kopi Luwak Cikole Bandung. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 157-166, mar. 2017. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/32276>. Date accessed: 18 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>