SPESIFISITAS DAN SENSITIVITAS PEMERIKSAAN MIKROSKOPIS TBC DIBANDINGKAN PEMERIKSAAN KULTUR TBC PADA PASIEN TUBERKULOSIS DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT SANGLAH PERIODE JANUARI – DESEMBER 2015

  • Putu Harrista Indra Pramana
  • Ida Bagus Nyoman Putra Dwija
  • Made Agus Hendrayana

Abstract

Penyakit tuberculosis (TBC) merupakan suatu penyakit infeksi menular yang menyerang system pernafasan yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis yang dapat menyerang berbagai organ. Di Indonesia, besarnya angka kematian akibat TBC, maka peranan diagnosis dan perawatan menjadi sangat penting. Metode tercepat untuk diagnosa tuberkulosis yaitu dengan pemeriksaan mikroskopis namun diagnosis pasti penyakit TBC ditegakkan bila ditemukan bakteri M. tuberculosis di dalam spesimen, yang berasal dari organ yang terinfeksi,berdasarkan pemeriksaan bakteriologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sensitivitas dan spesifisitas pemeriksaaan mikroskopis dibandingkan pemeriksaan kultur pada pasien Tuberkulosis di Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Periode Januari-Desember 2015.Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan design study cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh penderita yang dicurigai menderita TBC yang datang ke RSUP Sanglah Denpasar pada Januari 2015-Desember 2015 yang yang melakukan pemeriksaan mikroskopis dan kultur di laboratorium Pemilihan sampel menggunakan metode total sampling dengan total sampel 124 pasien.Dengan uji chi square didapatkan hasil adanya hubungan bermakna antara uji mikroskopis dan uji kultur dengan nilai p<0,05. Dengan tabel 2x2 didapatkan nilai diagnostik pemeriksaan uji mikroskopis dibandingkan uji kultur menunjukkan sensitivitas sebesar 68% dan spesifisitas sebesar  94,9%.


Kata Kunci:Tuberkulosis, Mikroskopis Zn, Kultur LJ, Sensitivitas, Spesifisitas

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Putu Harrista Indra Pramana

1Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Ida Bagus Nyoman Putra Dwija

2Bagian/SMF Mikrobiologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Udayana RSUP Sanglah Bali

Made Agus Hendrayana

2Bagian/SMF Mikrobiologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Udayana RSUP Sanglah Bali

Published
2021-06-21
How to Cite
INDRA PRAMANA, Putu Harrista; PUTRA DWIJA, Ida Bagus Nyoman; HENDRAYANA, Made Agus. SPESIFISITAS DAN SENSITIVITAS PEMERIKSAAN MIKROSKOPIS TBC DIBANDINGKAN PEMERIKSAAN KULTUR TBC PADA PASIEN TUBERKULOSIS DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT SANGLAH PERIODE JANUARI – DESEMBER 2015. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 10, n. 6, p. 79-84, june 2021. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/77012>. Date accessed: 16 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2021.V10.i6.P15.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>