IDENTIFIKASI BAKTERI Escherichia coli, Staphylococcus aureus, DAN Salmonella sp. PADA KENOP PINTU KELUAR TOILET UMUM PRIA DAN WANITA DI KAMPUS FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA DENPASAR

  • Ida Bagus Aditya Bhaskara
  • Made Agus Hendrayana
  • Komang Januartha Putra Pinatih

Abstract

Kenop pintu toilet umum merupakan salah satu lokasi potensial bagi transmisi beragam spesies bakteri diaregenik, seperti E. coli, S. aureus, dan Salmonella sp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi kontaminasi bakteri pada kenop pintu toilet umum di kampus FK UNUD Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional potong-lintang dengan populasi terjangkau berupa kenop pintu keluar toilet umum di Gedung Barat kampus FK UNUD Denpasar. Pemilihan sampel menggunakan total sampling sesuai kriteria inklusi dan eksklusi. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode swab, lalu dikultur dalam media BA, EMBA, SS, dan XLD. Koloni yang dicurigai Staphylococcus dilakukan uji katalase dan koagulase. Seluruh koloni dilakukan pengecatan Gram. Dari  total 14 sampel, diketahui bahwa prevalensi kenop pintu keluar toilet umum yang terkontaminasi bakteri secara keseluruhan adalah 50%. Namun, seluruh koloni yang diisolasi teridentifikasi sebagai Staphylococcus koagulase negatif. Tidak ditemukan satupun koloni E. coli, S. aureus, dan Salmonella sp. pada seluruh kenop (0%). Prevalensi kontaminasi positif pada kenop pintu keluar toilet pria (86%) lebih besar dari wanita (14%). Prevalensi tertinggi berdasarkan lokasi terdapat pada toilet lantai 2 (75%) dan terendah di lantai 3 (25%). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pada kenop pintu toilet umum di kampus FK UNUD Denpasar tidak ditemukan bakteri diaregenik E. coli, S. aureus, dan Salmonella sp., melainkan hanya bakteri flora normal Staphylococcus koagulase negatif. Penelitian ini agar menjadi acuan untuk meningkatkan kualitas kebersihan di lingkungan FK UNUD.


 


Kata kunci: E.coli, S. aureus, Salmonella sp. , kenop pintu toilet

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ida Bagus Aditya Bhaskara

1Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Made Agus Hendrayana

2Departemen Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Komang Januartha Putra Pinatih

2Departemen Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Published
2019-08-09
How to Cite
ADITYA BHASKARA, Ida Bagus; HENDRAYANA, Made Agus; PUTRA PINATIH, Komang Januartha. IDENTIFIKASI BAKTERI Escherichia coli, Staphylococcus aureus, DAN Salmonella sp. PADA KENOP PINTU KELUAR TOILET UMUM PRIA DAN WANITA DI KAMPUS FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA DENPASAR. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 8, n. 8, aug. 2019. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/52202>. Date accessed: 28 feb. 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>