IDENTIFIKASI BAKTERI Streptococcus suis SEROTIPE 2 DENGAN METODE POLYMERASE CHAIN REACTION PADA DARAH BABI DI RUMAH POTONG HEWAN KOTA DENPASAR

  • I Gede Pradnya Wisnu Murthi
  • Made Agus Hendrayana
  • Ni Nengah Dwi Fatmawati
  • Ni Nyoman Sri Budayanti

Abstract

ABSTRAK


Kebiasaan masyarakat Bali yang mengkonsumsi olahan daging babi mentah seperti lawar merah dan komoh dapat meningkatkan resiko infeksi bakteri Streptococcus suis. Pada tahun 2017 di Bali, ditemukan kasus meningitis dengan 7 kasus dan sudah diambil sampel darahnya serta didapatkan 2 sampel darah yang positif terkena MSS (Meningitis Streptococcus suis). Strain yang paling umum menyebabkan meningitis dan paling ganas yaitu Streptococcus suis serotipe 2. Kasus infeksi bakteri Streptococcus suis banyak ditemukan pada pasien yang pekerjaannya kontak langsung dengan babi, seperti peternak babi dan pekerja rumah potong hewan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah darah babi di tempat pemotongan babi di kota Denpasar terkontaminasi bakteri Streptococcus suis, berapa persentase darah babi yang terkontaminasi Streptococcus suis, dan berapa persentase kontaminasi bakteri Streptococcus suis serotipe 2 dari sampel darah yang sudah positif terkontaminasi bakteri Streptococcus suis.  Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional deskriptif dengan rancangan penelitian potong lintang (cross sectional) yang variabel nya diukur pada waktu tertentu dalam penelitian dan diambil dalam jangka waktu sekali penelitian. Penelitian ini menggunakan metode polymerase chain reaction ( PCR) untuk mengidentifikasi bakteri. Hasil dari penelitin ini yaitu tidak ditemukan adanya kontaminasi bakteri Streptococcus suis pada 24 sampel darah babi yang diambil di rumah potong hewan Kota Denpasar, atau persentasenya 0 %. Kontaminasi bakteri Streptococcus suis serotipe 2 juga ditemui hasil yang sama yaitu 0 %. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu tidak ada kontaminasi bakteri Streptococcus suis dan Streptococcus suis serotipe 2 pada sampel darah babi yang di ambil di rumah potong hewan Kota Denpasar. Hasil ini didapatkan karena faktor tingginya tingkat higenitas di rumah potong hewan tersebut, dan sedikitnya persentase bakteri ini di darah babi sehat.


 Kata kunci: Streptococcus suis, Streptococcus suis serotipe 2, polymerase chain reaction.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Gede Pradnya Wisnu Murthi

1Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Made Agus Hendrayana

2Departement Mikrobiologi, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Ni Nengah Dwi Fatmawati

2Departement Mikrobiologi, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Ni Nyoman Sri Budayanti

2Departement Mikrobiologi, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Published
2021-04-29
How to Cite
MURTHI, I Gede Pradnya Wisnu et al. IDENTIFIKASI BAKTERI Streptococcus suis SEROTIPE 2 DENGAN METODE POLYMERASE CHAIN REACTION PADA DARAH BABI DI RUMAH POTONG HEWAN KOTA DENPASAR. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 10, n. 4, p. 68-74, apr. 2021. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/75486>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2021.V10.i4.P11.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>