PERBANDINGAN SELISIH KADAR GLUKOSA DARAH PUASA DAN DUA JAM POST-PRANDIAL TERHADAP PEMBERIAN NASI BERAS PUTIH, NASI BERAS MERAH, DAN NASI BERAS HITAM PADA MENCIT JANTAN (Mus musculus L.) GALUR Swiss webster

  • Ni Made Dwi Putri Nadi
  • I Wayan Surudarma
  • Desak Made Wihandani
  • I Wayan Gede Sutadarma
  • Agung Nova Mahendra

Abstract

Peningkatan penderita hiperglikemia memerlukan perhatian khusus dalam pendekatan diet agar kadar glukosa tubuh tidak meningkat drastis. Nasi beras merah dan nasi beras hitam memiliki serat serta antosianin yang lebih tinggi dibandingkan nasi beras putih sehingga sangat disarankan karena memberikan keuntungan fisiologis bagi tubuh. Rancangan penelitian ini adalah randomize pre-post test with control group design dilaksanakan di Laboratorium Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Sampel penelitian sebanyak 28 mencit jantan dengan usia 2-3 bulan. Instrumen yang digunakan adalah glukometer. Tujuan penelitian yakni untuk mengetahui perbandingan selisih kadar glukosa darah puasa dan dua jam post-prandial terhadap pemberian nasi beras putih, nasi beras merah, dan nasi beras hitam pada mencit jantan (Mus musculus L.) galur Swiss webster. Data dianalisis menggunakan software SPSS versi 25 dengan uji Anova. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikasi pada selisih kelompok glukosa darah dua jam post-prandial dengan glukosa darah puasa adalah 0,000 (p<0,005). Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara perbandingan selisih kadar glukosa darah puasa dan dua jam post-prandial terhadap pemberian nasi beras putih, nasi beras merah, dan nasi beras hitam pada mencit jantan (Mus musculus L.) galur Swiss webster.


Kata Kunci: Nasi Beras Putih, Nasi Beras Merah, Nasi Beras Hitam

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ni Made Dwi Putri Nadi

1Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana

I Wayan Surudarma

2Departemen Biokimia Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Desak Made Wihandani

2Departemen Biokimia Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

I Wayan Gede Sutadarma

2Departemen Biokimia Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Agung Nova Mahendra

3Departemen Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Published
2021-02-09
How to Cite
PUTRI NADI, Ni Made Dwi et al. PERBANDINGAN SELISIH KADAR GLUKOSA DARAH PUASA DAN DUA JAM POST-PRANDIAL TERHADAP PEMBERIAN NASI BERAS PUTIH, NASI BERAS MERAH, DAN NASI BERAS HITAM PADA MENCIT JANTAN (Mus musculus L.) GALUR Swiss webster. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 42-47, feb. 2021. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/71404>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2021.V10.i2.P08.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>