GAMBARAN BURNOUT PADA MAHASISWA JURUSAN KEPERAWATAN
Abstract
Mahasiswa jurusan keperawatan berisiko mengalami burnout yaitu kondisi kelelahan fisik, emosional, dan mental yang disebabkan oleh situasi penuh tuntutan dalam kurun waktu yang panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran burnout pada mahasiswa jurusan keperawatan di Fakultas Keperawatan Universitas Riau. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Besar sampel yaitu 243 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Analisa data yang digunakan adalah analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi dan persentase. Mayoritas responden berjenis kelamin perempuan (93,8%), kuliah sesuai dengan minatnya (73,6%). Jumlah responden angkatan 2017 sebanyak 66 orang (27,2%), 2018 sebanyak 59 orang (24,2%), 2019 sebanyak 58 orang (23,8%), dan 2020 sebanyak 60 orang (24,6%). Mayoritas mahasiswa mengalami burnout tingkat sedang (66,7%). Berdasarkan dimensi burnout, mayoritas mahasiswa mengalami burnout tingkat sedang pada dimensi kelelahan emosi (74,5%) dan penurunan pencapaian prestasi (62,1%) dan burnout tingkat ringan pada dimensi depersonalisasi (58,4%). Mayoritas mahasiswa mengalami burnout tingkat sedang.
Downloads
References
Anggreini, T (2012). Hubungan Antara Kecemasan Dalam Menghadapi Mata Pelajaran Matematika Dengan Prestasi Akademik Matematika Pada Remaja (Skripsi)
Aro, K. S., Noona K, Minna P, & Jukka J. (2008). Does School Matter? The Role of School Context in Adolescents’ School-Related Burnout. Jurnal European Psychologist 2008; Volume 13, No. 1
Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. (2021). https://www.banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi.php diakses 15 Juli 2021 pukul 16.00 WIB
Barbosa, M. L., Ferreira, B. L. R., Vargas, T. N., da Silva, G. M. N., Nardi, A. E., Machado, S., & Caixeta, L. (2018). Burnout prevalence and associated factors among Brazilian medical students. Clinical practice and epidemiology in mental health: CP & EMH, 14, 188
Castillo, L. G., Navarro, R. L., Walker, J. E. O., Schwartz, S. J., Zamboanga, B. L., Whitbourne, S. K., ... & Caraway, S. J. (2015). Gender matters: The influence of acculturation and acculturative stress on Latino college student depressive symptomatology. Journal of Latina/o psycology, 3(1), 40
Da Silva, R. M., Goulart, C. T., Lopes, L. F. D., Serrano, P. M., Costa, A. L. S., & de Azevedo Guido, L. (2014). Hardy personality and burnout syndrome among nursing students in three Brazilian universities—an analytic study. BMC nursing
Dyrbye, L., & Shanafelt, T. (2016). A narrative review on burnout experienced by medical students and residents. Medical education, 50(1), 132-149
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Riau. https://fmipa.unri.ac.id/info/daya-tampung-dan-jadwal-pelaksanaan-sbmptn-2021-di-universitas-riau/ diakses pada 15 Juli 2021 pukul 15.30 WIB
Goff, A.M (2011). Stressor, academic performance and learned resourcefullness in baccalaureate nursing students. International Journal of Nursing Education Scholarship, 8,923 ± 1548
Govaerts, S., & Grégoire, J. (2008). Development and construct validation of an academic emotions scale. International Journal of Testing, 8(1), 34-54
Hafifah, N., Widiani, E., & Rahayu, W. (2017). Perbedaan Stres Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Berdasarkan Jenis Kelamin Di Fakultas Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(3)
Hardiyanti, R. (2013). Burnout ditinjau dari big five factors personality pada karyawan Kantor Pos Pusat Malang. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(2), 343-360
Hidayat, A. A. A. (2011). Metode penelitian keperawatan dan teknik analisis data
Hurlock, E., 2000. Perkembangan anak Edisi 6 Jilid II [Child development sixth edition], Jakarta: Erlangga
Khatami, R. A. (2018). Hubungan stres terhadap burnout pada Mahasiswa preklinik fakultas kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun ajaran 2018/2019 (Bachelor's thesis, Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)
Kim, B., Jee, S., Lee, J., An, S., & Lee, S.M. (2018). Relationships between social support and student burnout: A meta‐analytic approach. Stress and Health, 34(1), 127-134.
Labrague, L. J., Mcenroe, D. M., Alexis, J., Santos, A. D. L., & Edet, O. B. (2018). Nurse Education Today Examining stres perceptions and coping strategies among Saudi nursing students/: A systematic review. Nurse Education Today, 65
Laili, L. (2014). Pengaruh Kesejahteraan Spiritual Terhadap Burnout Pada Mahasiswa Pendidikan Dokter di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
Lee, J., Puig, A., Kim, Y. B., Shin, H., Lee, J. H., & Lee, S. M. (2010). Academic burnout profiles in Korean adolescents. Stress and Health, 26(5), 404-416
Ling, L., Qin, S., & Shen, L. (2014). An Investigation about Learning Bumout in Medical College Students and Its Influencing Factors. Elsevier: International Journal of Nursing Sciences
Liu, H. Y., & Li, Y. L. (2017). Crossing the gender boundaries: The gender experiences of male nursing students in initial nursing clinical practice in Taiwan. Nurse Education Today, 58, 72-77.
Maslach, C., & Leiter, M. P. (2017). Understanding burnout: New models
Maslach, C., Leiter, M. P., & Jackson, S. E. (2012). Making a significant difference with burnout interventions: Researcher and practitioner collaboration. Journal of Organizational Behavior, 33(2), 296-300
Mizmir. (2011). Hubungan Burnout Dengan Kepuasan Kerja Pustakawan Di Pusat Jasa Perpustakaan Dan Informasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (Skripsi)
Nindy, A. J. (2019). Unri Terima 6.627 Mahasiswa dari 45.000 Pendaftar. GoRiau.com. https://www.goriau.com/berita/baca/unri-terima-6627-mahasiswa-dari-45000-pendaftar-berikut-rinciannya.html diakses pada 27 Juni 2021
Oharella, N. (2011). Pengaruh Kajian Islam Terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Keperawatan di Stikes Surya Global. Skripsi strata satu, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Purwati, S. (2012). Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Reguler Angkatan 2010 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Depok. Skripsi. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia
Soong, G. (2011, November 24). Taiwan’s students suffer from excess academic stress. The China Post. Retrieved Maret 29, 2021 from Google database
Winahyu, D. M. K., & Wiryosutomo, H. W. (2020). Hubungan Dukungan Sosial Dan Student Burnout Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas Xi Sma Negeri 3 Sidoarjo. Jurnal BK Unesa, 11