HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN KECEMASAN MAHASISWA TINGKAT AKHIR DALAM MENYUSUN SKRIPSI PADA MASA PANDEMI

  • Roza Misalia Jurusan Ilmu Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Universitas Riau
  • Ririn Muthia Zukhra Jurusan Ilmu Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Universitas Riau
  • Fathra Annis Nauli Jurusan Ilmu Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Universitas Riau

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan kesulitan bagi mahasiswa tingkat akhir untuk menyelesaikan skripsi. Kesulitan tersebut mengakibatkan masalah mental, yakni kecemasan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kecemasan adalah dukungan sosial teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kecemasan pada mahasiswa tingkat akhir dalam menyusun skripsi pada masa pandemi di Universitas Riau. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Responden penelitian ini sebanyak 369 mahasiswa tingkat akhir dengan menggunakan teknik consecutive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner Depression Anxiety Stress Scale dan kuesioner dukungan sosial teman sebaya dengan hasil uji validitas menggunakan item-total correlation didapatkan hasil nilai validity r > 0,444 dan dinyatakan valid. Uji reliability didapatkan hasil nilai cronbach alpha 0,858 dan dinyatakan reliabel pada semua pernyataan. Analisis yang digunakan uji pearson chi square. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan kecemasan pada mahasiswa tingkat akhir dalam menyusun skripsi pada masa pandemi di Universitas Riau dengan p value 0,022 (? < 0,05). Kecemasan banyak terjadi pada mahasiswa dengan usia 22 tahun dan rata-rata mengalami kecemasan sangat berat dengan dukungan yang tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu, E. D. (2020). Analisis kesulitan mahasiswa program studi pendidikan biologi fkip ums dalam penulisan skripsi selama pandemi covid-19 tahun akademik 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Dewi, W. A. F. (2020) ‘Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), pp. 55–61. doi: 10.31004/edukatif.v2i1.89.
Fathorahman, M. N. (2017). Solidaritas di Kalangan Mahasiswa Fakultas Tehnik Universitas Jember. Jurnal repository UNIVERSITAS Jember.
Fauziah, & Jamaliah. (2021). Analisis Kesulitan Mahasiswa Menyelesaikan Skripsi di Masa Pandemi Pada Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Proceeding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu, 1(1), 9–14. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur.
Ghufron, M. N., & Risnawati, R. (2017). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hastono, S. P. (2016). Analisis Data Pada Bidang Kesehatan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Keliat, B.A, & Pasaribu, J. (2016). Prinsip dan Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa. Singapura: Elsevier.
Muzakki, M. A., Aeni, Q. & Takarina, B. (2016) ‘Gambaran Respons Psikososial Mahasiswa Progam Studi Ilmu Keperawatan Stikes Kendal Tingkat Akhir Dalam Penyusunan Skripsi’, Jurnal Keperawatan Jiwa, 4(2), pp. 141–146.
Nurcahyo, F. A., & Valentina, T. D. (2020). Menyusun Skripsi di Masa Pandemi ? Studi Kualitatif Kesejahteraan Psikologis. Prosiding Seminar Nasional aan Call Paper “Psikologi Positif Menuju Mental Wellness,” 136– 144.
Nurcita, B., & Susantiningsih, T. (2020) ‘Dampak pembelajaran jarak jauh dan physical distancing pada tingkat kecemasan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta.’, Journal of Borneo Holiistic Health, 3(1), pp. 58–68.
Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. (2020). Daftar Program Studi Universitas Riau. (online). (https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_pt/5518F49D-C98E-49B0-A394-E75753B03C93). Diakses 1 September 2021.
Putro, K, Z. (2017). Memahami ciri dan tugas perkembangan masa remaja Volume. Jurnal APLIKASIA. (Online) Jilid 17, Nomor 1, http://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/aplikasia/article/view/1362 diakses 1 September 2021.
Rahmanda, R. (2020). ‘Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kecemasan menghadapi presentasi pada mahasiswa UIN SUSKA RIAU’. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Rizkiyati, R. B. (2019). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi Di Program Studi Bimbingan Dan Konseling Islam Fakultas Dakwah Iain Purwokerto Angkatan 2015 (Doctoral dissertation, IAIN).
Sari, P. K. P., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat akhir jurusan x fakultas teknik universitas diponegoro. Jurnal Empati, 5(2), 177-182.
Satwika, P. A., Setyowati, R., & Anggawati, F. (2021). Dukungan Emosional Keluarga dan Teman Sebaya terhadap Self-Compassion pada Mahasiswa saat Pandemi COVID-19. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 11(3), 304-314.
Siahaan, M. (2020) ‘Dampak pandemi covid-19 terhadap dunia pendidikan’, Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), pp. 73–80. doi: 10.31599/jki.v1i1.265.
Srinayanti, Y., & Munandar, A. (2018). Gambaran Tingkat Kecemasan Dan Persepsi Mahasiswa Dalam Menghadapi Tugas Akhir Di Program Studi S1 Keperawatan STIKes Muhammadiyah Ciamis. JURNAL KESEHATAN STIKes MUHAMMADIYAH CIAMIS, 5(2), 102-110.
Sunaryo. (2018). Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: EGC Penerbit Buku Kedokteran (Edisi Kedua).
Vrichasti, Y., Safari I., & Susilawati D. (2020). Tingkat kecemasan stres dan depresi mahasiswa terhadap pengerjaan skripsi dalam situasi pandemi covid-19. Jurnal SporTive. (Online). Jilid 5, No.4, (https://ejournal.upi.edu/index.php/SpoRTIVE/article/view/27972) diakses 1 September 2021.
Published
2022-06-29
How to Cite
MISALIA, Roza; ZUKHRA, Ririn Muthia; NAULI, Fathra Annis. HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN KECEMASAN MAHASISWA TINGKAT AKHIR DALAM MENYUSUN SKRIPSI PADA MASA PANDEMI. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 10, n. 3, p. 266-272, june 2022. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/85650>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2022.v10.i03.p05.
Section
Articles