HUBUNGAN SELF-EFFICACY TERHADAP KECEMASAN MAHASISWA KEPERAWATAN MENGHADAPI UJIAN PRAKTIK LABORATORIUM

  • Ni Komang Ayu Eka Jayanti Program Studi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners FK Universitas Udayana
  • Komang Menik Sri Krisnawati
  • Ni Luh Putu Shinta Devi

Abstract

One form of learning in the PSSKPN is the laboratorium practice. When the Student facing laboratory practice exams, they would experience various conditions such as, anxiety, fear, panic, and imagining how the exam would be causes anxiety to students. Self-efficacy is an effort to prevent anxiety. The purpose of this study was to determine the relationship between self-efficacy with anxiety in nursing students when facing laboratory practice exams. This research was a correlative descriptive study with data collection methods that used a retrospective approach. The sample consisted of 61 respondents obtained by the total sampling technique. The research instrument on self-efficacy used General of self-efficacy (GSE) and instruments on anxiety used Zung self-rating anxiety scale (ZSAS). Data analysis was used Spearman rank correlation test. The results of this study showed that there is a significant relationship between self-efficacy and anxiety. The correlation was negative relations and moderate strength (p <0.05; rs = - 0.0443) which means that the higher the self-efficacy the lower anxiety is felt. The researcher suggested that there should increase in self-efficacy in nursing students to reduce anxiety when facing laboratory practice exams.


Keywords: Anxiety, Self-Efficacy, Laboratory Practice Exam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adji, D. S. (2016). Hubungan antara kecemasan
mahasiswa PSIK UMY saat menghadapi
ujian objective structured clinical
examination (OSCE) terhadap skor OSCE.
(Skripsi. tidak dipublikasikan): Fakultas
Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas
Muhammadiyah Yogyakarta. Diunduh dari:
http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle
/123456789/6434/11%20NASKAH%20PU
BLIKASI.pdf?sequence=12&isAllowed=y.
(diakses pada 10 Desember 2018).
Afandi, M., Budi, Y. S., & Wardaningsih, S. (2016).
Pengaruh situasional terhadap kecemasan
mahasiswa program studi D III keperawatan
menghadapi ujian skill laboratorium: Studi
mixed methods. Indonesian journal of
Nursing Practices, 1(1). DOI:
10.18196/ijnp.1151.
Anwar, F., Damri, & Engkizar. (2017). Hubungan
self-efficacy dan prokrasttimasi akademik
mahasiswa dalam menyelesaikan tugas
perkuliahan. Jurnal edukasi (Jurnal
Bimbingan Konseling), 74-95. Diunduh dari:
jurnal.arraniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/down
load/1415/1034. (diakses pada 10 Maret
2019).
Apriady, T., Yanis, A., & Yulistini. (2016).
Prevalensi ansietas menjelang ujian tulis
pada mahasiswa Kedokteran Fk Unand tahap
akademik. Jurnal Kesehatan Andalas, 5(3).
(tidak dipublikasikan): Fakultas Kedokteran
Unand. Diunduh dari:
http://jurnal.fk.unand.ac.id/index.php/jka/art
icle/viewFile/596/484. (diakses pada 10
Desember 2018).
Asni. (2014). Kecemasan. Diunduh dari:
http://repository.ump.ac.id/5538/3/Nur%20
Asni%20BAB%20II.pdf. (diakses pada 10
Maret 2019).
Auliyah. (2014). Model small group discussion.
Diunduh dari:
http://eprints.walisongo.ac.id/4114/3/13391
1166_bab2.pdf. (diakses pada 23 Maret
2019).
Azwar, S. (2016). Metode penelitian. Yogyakarta:
Pustaka pelajar.
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana
Nasional (BKKBN). (2013).
Kajian profil penduduk remaja (10-24
tahun). Diunduh dari:
https://pt.scribd.com/document/174140091/
Kajian-Profil-Penduduk-Remaja-10-24-
Tahun. (diakses pada 10 Maret 2019).
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of
control. New York: WH Freeman Co.
Born, A., Schwarzer, R., & Jerusalem, M. (1997).
Indonesian adaptation of the general selfefficacy scale. Diunduh dari:
http://userpage.fuberlin.de/~health/indonese
.htm. (diakses pada 16 April 2019).
Budi. (2017). Tingkat kecemasan pada mahasiswa
baru. Diunduh dari:
http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle
/123456789/10819/BAB%20II.pdf?sequenc
e=3&isAllowed=y. (diakses pada 10 Maret
2019).
Bungin, B. (2017). Metodologi penelitian kuantitatif
komunikasi, ekonomi, dan kebijakan publik
serta ilmu-ilmu sosial lainnya. (Edisi
Kedua). Jakarta: Kencana.
Dahlan, M. S. (2014). Statistik untuk Kedokteran dan
Kesehatan : Deskriptif, Bivariat,dan
Multivariat, dilengkapi Aplikasi dengan
Menggunakan SPSS. Seri 1 Edisi 6. Jakarta:
Epidemiologi Indonesia.
Deviyanthi, N. M. F. S., & Widiasavitri, P. N. (2016).
Hubungan antara self- efficacy dengan
kecemasan komunikasi dalam
mempresentasikan tugas di
depan kelas. Jurnal psikologi Udayana,3(2),
2354-5607.
Duarsa, H. A. P. (2019). Hubungan efikasi diri
dengan tingkat kecemasan mahasiswa tahun
pertama di Fakultas Kedokteran Universitas
Lampung Tahun 2018. (Skripsi. tidak
dipublikasikan): Fakultas Kedokteran
Universitas Lampung. Diunduh dari:http://digilib.unila.ac.id/55513/3/SKRIPSI
%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN
.pdf. (diakses pada 10 Maret 2019).
Feist & Gregory. (2010). Teori Kepribadian. Jakarta:
Salemba Humanika.
Fitriati, A. N. (2018). Hubungan Antara Self-Efficacy
dengan Hasil Evaluasi
Osca Mahasiswa Prodi Keperawatan
Universitas Muhammadiyah Surakarta
(Doctoral dissertation, Universitas
Muhammadiyah Surakarta).
Gumantara, M. P. B. (2017). Hubungan self-efficacy
dan optimisme mahasiswa tahun pertama
dalam proses beradaptasi terhadap
lingkungan pembelajaran Fakultas
Kedokteran Universitas Lampung. (Skripsi.
tidak dipublikasikan): Fakultas Kedokteran
Universitas Lampung. Diunduh dari:
http://digilib.unila.ac.id/29911/2/SKRIPSI
%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN
.pdf. (diakses pada 10 Desember 2019).
Hartono, D. R. (2012). Pengaruh self-efficacy (efikasi
diri) terhadap tingkat kecemasan mahasiswa
fakultas kedokteran universitas sebelas
maret. (Skripsi. tidak dipublikasikan):
Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas
Maret Surakarta. Diunduh dari:
https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/
29533/NjIyNTM=/Pengaruh-Self-EfficacyEfikasi-Diri-Terhadap-Tingkat-KecemasanMahasiswa-Fakultas-KedokteranUniversitas-Sebelas-Maret-abstrak.pdf.
(diakses pada 24 Juni 2019.
Ifdil., & Annissa, D. F. (2016). Konsep kecemasan
(anxiety) pada lanjut usia (lansia). Ejournal
konselor, 5(2). (tidak dipublikasikan):
Universitas Negeri Padang. Diunduh dari:
ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/articl
e/download/6480/5041. (diakses pada 10
Desember 2018).
Ishtifa, H. (2011). Pengaruh self-efficacy dan
kecemasan akademis terhadap self-regulated
learning mahasiswa Fakultas Psikologi
Universitas Islam Negeri Jakarta. (Skripsi.
tidak dipublikasikan): Fakultas Psikologi
Universitas Islam Negeri Jakarta. Diunduh
dari:
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstrea
m/123456789/1790/1/HANNY%20ISHTIF
A-FPS.pdf. (diakses pada 10 Maret 2018).
Isrona, L., Amir, D. P., & Iryani, D. (2016).
Hubungan tingkat kecemasan dalam
menghadapi objective structured clinical
examination (OSCE) dengan kelulusan
OSCE pada mahasiswa Fakultas Kedokteran
Universitas Andalas. Jurnal Kesehatan
Andalas. 5(1). (Skripsi. tidak
dipublikasikan): Fakultas Kedokteran
Universitas Andalas. Diunduh dari:
http://jurnal.fk.unand.ac.id/index.php/jka/art
icle/view/458. (diakses pada 10 Desember
2018).
Jannah, A. (2019). Hubungan antara efikasi diri
dengan kecemasan mahasiswa keperawatan
saat osca. (Skripsi. tidak dipublikasikan):
Program Studi Keperawatan Fakultas Ilmu
Keperawatan Universitas Muhammadiyah
Surakarta. Diunduh dari: (diakses pada 19
Juni 2019).
Jannah, M. (2016). Remaja dan tugas-tugas
perkembangannya dalam islam. Jurnal
psikoislamedia, 1(1). (tidak dipublikasikan):
Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri
Ar-Raniry. Diunduh dari: https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/Psikoislam/article/vie
w/1493/1091. (diakses pada 10 Desember
2018).
Maryam. (2015). Efikasi Diri (Self-Efficacy).(Skripsi.
tidak dipublikasikan): Universitas Islam
Negeri Maulana Malik Ibrahim. Diunduh
dari: http://etheses.uinmalang.ac.id/1236/1/11410061_Pendahulua
n.pdf. (diakses pada 10 Desember 2018).
Maulana, T. A., Hasianna, S. T., & Surawijaya, A. K.
(2014). Gambaran tingkat kecemasan pada
mahasiswa semester satu di Fakultas
Kedokteran Universitas Kristen Manatha
Tahun 2014. (Skripsi: tidak dipublikasikan):
Fakultas Kedokteran Universitas Kristen
Manatha. Diunduh dari:
http://repository.maranatha.edu/12445/10/1
010167_Journal.pdf. (diakses pada 10
Desember 2018).
Mirwanti., Anissa., & Suryani. (2018). Tingkat
kecemasan mahasiswa keperawatan dalam
menghadapi ujian berbasis computer based
test. Jurnal ilmiah ilmu-ilmu kesehatan,
16(2). (tidak dipublikasikan): Fakultas
Keperawatan Universitas Padjadjaran
Bandung. Diunduh dari:
jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/medisai
ns/article/download/2522/2064. (diakses
pada 10 Desember 2018).
Muhson. (2017). Teknik pengumpulan data. Staff
Uny.
Nurfitriana. (2016). Penyesuaian diri pada
mahasiswa tahun pertama di Fakultas
Psikologi Universitas Muhammadiyah
Surakarta. (tidak dipublikasikan): Fakultas
Psikologi Universitas MuhammadiyahSurakarta. Diunduh dari:
http://eprints.ums.ac.id/48450/22/Naskah%
20Publikasi.pdf. (diakses pada 10 Februari
2019).
Nursalam. (2014). Buku metodologi penelitian ilmu
keperawatan: pendekatan praktis. Edisi 4.
Jakarta: Salemba medika.
Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2016).
Hubungan antara efikasi diri dengan
kecemasan dalam menghadapi ujian pada
siswa kelas ix di MTS Al Hikmah Bresbes.
(Skripsi. tidak dipublikasikan).
PPNI. 2016. Panduan Penyelenggaraan OSCE
Keperawatan.
Pratama. (2017). Konsep Kecemasan. Diunduh dari:
http://eprints.umm.ac.id/41837/3/jiptummpp
-gdl-hardanianu-48268-3-babii.pdf. (diakses
pada 10 Maret 2019).
Prayitno. (2009). SPSS untuk Analisis Korelasi,
Regresi dam Multivariate. Yogyakarta:
Gava Medika.
Potter & Perry. (2005). Buku ajar fundamental
keperawatan. Edisi 4, Volume 2.
Jakarta: EGC.
Putro, K. Z. (2017). Memahami ciri dan tugas
perkembangan masa remaja. Jurnal aplikasi
ilmu-ilmu agama, 17(1). (tidak
dipublikasikan). Diunduh dari:
http://ejournal.uinsuka.ac.id/pusat/aplikasia/article/viewFile/1
362/1180. (diakses pada 17 Februari 2019).
Prabawati. (2017). Hubungan antara tingkat
kecemasan dalam melakukan OSCA dengan
hasil evaluasi mahasiswa keperawatan
Universitas Muhhamadiyah Surakarta.
(Skripsi. tidak dipublikasikan): Fakultas
Keperawatan Universitas Muhhamadiyah
Surakarta. Diunduh dari:
http://eprints.ums.ac.id/59827/1/NASKAH
%20PUBLIKASI.pdf. (diakses pada 10
Desember 2018).
Rafiki, D. M. (2017). Hubungan tingkat kecemasan
dengan mekanisme koping menghadapi
objective structured clinical Examination
(OSCE) mahasiswa semester II Stikes
Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. (Skripsi.
tidak dipublikasikan): Sekolah Tinggi Ilmu
Kesehatan Jenderal Achmad Yani
Yogyakarta. Diunduh dari:
http://repository.unjaya.ac.id/2203/2/DAEN
G%20MUHAMMAD%20RAFIKI_221308
0_pisah.pdf. (diakses pada 10 Desember
2018).
Raudatussalamah & Vivik. (2014). Self-efficacy dan
self-regulation sebagai unsur penting dalam
pendidikan karakter (aplikasi pembelajaran
mata kuliah akhlak tasawuf). Jurnal
penelitian sosial keagamaan, 17(2). (tidak
dipublikasikan): UIN Sultan Syarif Kasim
Riau. Diunduh dari: http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/Kutubkhanah/article/
view/818/778. (diakses pada 10 Desember
2018).
Retnowati, S. (2017). Remaja dan permasalahannya.
Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.
Riwidikdo, H. (2013). Statistik kesehatan (dengan
aplikasi SPSS dalam prosedur penelitian).
Yogyakarta: Rohima Press.
Romppel M., Wachter, R., Herrman, C. L., &
Edelmann, F. (2013). A short form of the
general self-efficacy scale (gse-
6): Development, psychometric properties
and validity in an intercultural non-clinical
sample and a sample of patients at risk for
heart failure. GMS Psycho-Social-Medicine.
10: 1-7. DOI: 10.3205/psm000091.
Saba, R. T. (2018). Hubungan self-efficacy terhadap
tingkat kecemasan mahasiswa tingkat
pertama Fakultas Kedokteran Universitas
Lampung. (Skripsi. tidak dipublikasikan):
Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.
Diunduh dari:
http://digilib.unila.ac.id/32788/. (diakses
pada 10 Desember 2018).
Sari, K. A., Bidang, A. S., & Erawan, E. (2018).
Proses adaptasi mahasiswa perantauan
dalam menghadapi gegar budaya (kasus
adaptasi mahasiswa perantauan di
Universitas Mulawarman Samarinda).
eJournal ilmu komunikasi, 6(3), 212-225.
(tidak dipublikasikan): Ilmu Komunikasi
Universitas Mulawarman Samarinda.
Diunduh dari: https://ejournal.ilkom.fisipunmul.ac.id/site/wpcontent/uploads/2018/08/Jurnal%20Gotten
%20%2808-01-18-11-47-08%29.pdf.
(diakses pada 10 Desember 2018).
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:
(pendekatan kuantitatif,
kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif,
kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan
Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan
R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif,
kualitatif, dan R&D. Cetakan 23. Bandung:
Alfabeta.Syah, M. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali
Pers.
Syarifah, S. N. (2013). Gambaran tingkatan
kecemasan mahasiswa keperawatan saat
menghadapi ujian skill lab di Universitas
Islam Negeri Syarif Hidayatullah. (Skripsi.
tidak dipublikasikan): Fakultas Kedokteran
dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam
Negeri Syarif Hidayatullah. (diakses pada 10
Desember 2018).
UNAIR. (2016). Teknik pengolahan data dan
analisisnya. Diunduh dari
http://web.unair.ac.id/admin/file/f_20025_6
f.ppt. (diakses pada 11 Desember 2018).
Universitas Muhhamadiyah Yogyakarta (UMY).
(2015). Proses Pembelajaran. Diunduh dari:
http://nursing.fkik.umy.ac.id/prosespembelajaran/. (diakses pada 10 Maret
2019).
Universitas Udayana. (2014). Ilmu Keperawatan.
Diunduh dari https://www.unud.ac.id/.
Yodyanti, I. R. A. (2018). Hubungan self-efficacy
dengan tingkat kecemasan menghadapi
OSCE pada mahasiswa D3 keperawatan
semester 4 FIKES UMP. (Skripsi. tidak
dipublikasikan).
Zulfikar, M. S. (2017). Pengaruh penerapan metode
OSCE (Objective Structured
Clinical Examination) terhadap kesiapan
praktik mahasiswa. Journal Umm,
8, 177–183.
Published
2021-06-30
How to Cite
JAYANTI, Ni Komang Ayu Eka; KRISNAWATI, Komang Menik Sri; DEVI, Ni Luh Putu Shinta. HUBUNGAN SELF-EFFICACY TERHADAP KECEMASAN MAHASISWA KEPERAWATAN MENGHADAPI UJIAN PRAKTIK LABORATORIUM. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 9, n. 3, p. 287-296, june 2021. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/62175>. Date accessed: 20 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2021.v09.i03.p07.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)