HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN STRES SAAT PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA
Abstrak
Pandemi Covid-19 menimbulkan dampak pada beberapa sektor, salah satunya sektor pendidikan yaitu pada metode pembelajaran yang beralih menjadi dalam jaringan (daring). Peralihan metode secara tiba-tiba tentu dapat menimbulkan stres pada beberapa mahasiswa. Stres yang dialami dapat berkurang ketika individu memperoleh dukungan sosial dari keluarga, teman, dan significant other sesuai dengan yang dibutuhkan. Dukungan sosial merupakan suatu bentuk bantuan, perhatian dan dukungan yang sangat dibutuhkan oleh individu ketika mengalami suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan dukungan sosial dengan stres saat pembelajaran daring pada mahasiswa kedokteran Universitas Udayana. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian didapatkan menggunakan probability sampling dengan teknik proportionate stratified random sampling dengan besar sampel adalah 341 mahasiswa. Hasil uji Spearmen Rank didapatkan nilai p 0,000<0,05 dan nilai r -364, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan stres saat pembelajaran daring pada mahasiswa kedokteran Universitas Udayana dengan arah negatif dan kekuatan hubungan lemah. Sebaiknya mahasiswa dapat lebih saling peduli, mendukung, memotivasi, membantu satu sama lain serta diperlukan juga peran aktif dari pembimbing akademik untuk selalu mendampingi dan membantu mahasiswa dalam setiap proses yang akan dilewati secara bersama-sama.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada pendidikan di Indonesia: sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7(5), DOI: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Anwar, A. A. & Tuhuteru, A. (2020). Ale rasa beta rasa: Covid-19 dan pembelajaran daring mahasiswa FISK IAKN Ambon. Jurnal Emik, 3(1)
Cohen, S. & Syme, S. L. (Eds.). (1994). Social Support and Health. Orlando. Florida: Academic Press Chirstiana, E. (2020). Burnout akademik selama pandemi Covid 19. Jurnal Bimbingan dan Konseling, ISSN: 2579-9908
Fakhriyani, D. V. (2019). Kesehatan Mental, 124. Jakarta: Duta Media Publishing
Fani, K. & Latifah, N. A. (2012). Hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri remaja di panti asuhan. Jurnal Psikologi Pitutur, 1(1)
Hasanah, U., Ludiana., Immawati. & Livana, PH. (2020). Gambaran psikologis mahasiswa dalam proses pembelajaran selana pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 299-306
Hianto, S. & Shanti, T. I. (2018). Dinamika stress, strategi coping, dan dukungan sosial yang diharapkan mahasiswa skripsi di Universitas XYZ. Provitae Jurnal Psikologi Pendidikan, 11(2), 41-60
Info Corona Pemerintah Provini Bali. (2021). Provinsi Bali Tanggap Covid-19. Diakses melalui https://infocorona.baliprov.go.id/
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). SE Mendikbud: pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19. Diakses melalui https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19
Lestari, S. & Sarwinanti. (2017). Hubungan dukungan sosial dengan tingkat stres pada mahasiswa program studi D IV bidan pendidik Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Naskah Publikasi, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
Livana, PH., Mubin, M. F. & Basthomi, Y. (2020). “Tugas pembelajaran” penyebab stres mahasiswa selama pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203-208, e-ISSN 2621-2978
Lola, Y. K. (2017). Hubungan dukungan sosial dengan stres pada mahasiswa preklinik keperawatan Universitas Andalas tahun 2016. Diploma Thesis, Univesitas Andalas
Majrika, R. Y. (2018). Hubungan antara dukungan sosial dengan stres akademik pada remaja SMA di SMA Yogyakarta. Naskah Publikasi, Universitas Islam Indonesia
Maulidia, A. N. & Prihastuti. (2017). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan self efficacy menghadapi ujian nasional pada siswa kelas XII SMA X. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 6(4), 74-81. E-ISSN: 2301-7104
Maulina, B. & Sari, D. R. (2018). Derajat stres mahasiswa baru fakultas kedokteran ditinjau dari tingkat penyesuaian diri terhadap tuntutan akademik. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 4(1), 1-5
Nasution, D. A. D., Erlina. & Muda, I. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2)
Pratiwi, I. H. & Laksmiwati, H. (2013). Pengaruh dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukungan instrumental, dan dukungan informatif terhadap stres pada remaja di Yayasan Panti Asuhan Putra Harapan Asrori Malang. Jurnal Penelitian Psikologi, 1(1)
Rif’ati, M. I., Arumsari, A., Fajriani, N., Maghfiroh, V. S., Abidi, A. F., Chusairi, A. & Hadi, C. (2018). Konsep Dukungan Sosial. Artikel Filsafat Ilmu Psikologi Sosial, Universitas Airlangga
Sarafino, E. P. (1994). Health psychology. Biopsychosocial interaction 3th Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc
Sarafino, E. P. & Smith, T. W., King, D. B. & Longis, A. D. (2020). Health Psychology. Biopsychosocial Interaction 2nd Canadian Edition. Canada: John Wiley & Sons Canada, Ltd
Sari, M. K. (2020). Tingkat stres mahasiswa S1 keperawatan tingkat satu dalam menghadapi wabah Covid-19 dan perkuliahan daring di Stikes Karya Husada Kediri. Jurnal Ilmiah Pemenang, 2(1)
Satria. (2019). Perbedaan pola dukungan sosial dalam masyarakat komunal dan non-komunal. Article UGM. Diakses melalui https://ugm.ac.id/id/berita/17640-perbedaan-pola-dukungan-sosial-dalam-masyarakat-komunal-dan-non-komunal
Suciani, D., Rozali, Y. A. & Safitri. (2014). Hubungan dukungan Sosial dengan motivasi belajar pada mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi, 12(2)
Universitas Indonesia. (2020). Sumber-Sumber Belajar Daring. Diakses melalui https://www.ui.ac.id/sumber-belajar-daring.html
Wakhudin, dkk. (2020). Covid-19 dalam Ragam Tinjauan Perspektif. Yogyakarta: MBridge Press
World Health Organization. (2021). Coronavirus Disease (COVID-19) Pandemic. Diakses melalui https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019?gclid=Cj0KCQjw59n8BRD2ARIsAAmgPmLr8vRW36f5nuT15yz79D7lvWDUTYKOZAHk6eKmnFbkv8cFkDmGLgwaArrZEALw_wcB
World Health Organization. (2021). Update on Coronavirus Disease in Indonesia. Diakses melalui https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus
Zimet, G. D., Dahlem, N. W., Zimet, S. G. & Farley, G. K. (1988). The Multidimensional Scale of Perceived. Journal of Personality Assessment, 52(1), 30-41, DOI:10.1080/00223891.1990.9674095