PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PERILAKU PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI PADA SISWI SMP DAN SMA DI YAYASAN PASRAMAN GURUKULA BANGLI
Abstrak
Perilaku personal hygiene saat menstruasi merupakan salah satu tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi masalah kesehatan reproduksi. Keefektifan perilaku personal hygiene dapat ditingkatkan dengan memberikan pendidikan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perilaku personal hygiene saat menstruasi pada siswi SMP dan SMA di Yayasan Pasraman Gurukula Bangli. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan one group pretest-posttest design. Sampel penelitian berjumlah 43 orang yang dipilih berdasarkan total sampling. Intervensi yang diberikan berupa pendidikan kesehatan dengan metode ceramah dan demonstrasi yang diberikan sebanyak empat kali dengan durasi 60 menit per pertemuan. Data perilaku personal hygiene saat menstruasi dikumpulkan dengan kuisioner pengetahuan, sikap, dan perilaku yang sudah diuji validitas dan reabilitasnya. Data perilaku personal hygiene diuji menggunakan uji t-test berpasangan dan uji Wilcoxon. Hasilnya didapatkan p= 0,001; ? <0,05 yang artinya ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan, sikap, dan tindakan personal hygiene pada siswi SMP dan SMA di Yayasan Pasraman Gurukula Bangli. Saran untuk siswa mampu untuk menerapkan tindakan personal hygiene sesuai dengan materi pendidikan kesehatan yang telah diberikan dengan memperhatikan sarana dan prasarananya dan peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan lembar observasi untuk melihat tindakan siswi dalam melakukan personal hygiene saat menstruasi.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). (2018). Jumlah penduduk Indonesia mencapai 265 juta jiwa. Retrieved from: https://databoks.katadata.co.id/ (diakses pada tanggal 26 Februari 2019)
Bansal, B. (2017). Importance of maintaining good hygiene during periods. Retrieved from: https://www.practo.com/ (diakses pada 17 Februari 2019)
Bany, Z. U., Sunnati, & Darman, W. (2014). Perbandingan efektifitas penyuluhan metode ceramah dan demonstrasi terhadap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut siswa. Journal Cakradonya Dent, 6(1)
Bontong, N. E., Engkeng, S., & Asrifuddin, A. (2017). Perbedaan sebelum dan sesudah penyuluhan kesehatan terhadap perilaku personal hygiene saat menstruasi pada pelajar putri di SMP Negeri 14 Kota Manado. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(3)
Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (2016). Healthy schools, successful students. Retrieved from: https://www.cdc.gov/ (Diakses pada tanggal 10 Desember 2018)
Coalition of National Health Education Organizations. (2015). What is health education? Retrieved from: http://www.cnheo.org/ (diakses pada tanggal 26 Februari 2019)
Dewi, H. M. (2012). Perbedaan tingkat pengetahuan tentang kesehatan reproduksi pada siswa boarding school pondok pesantren al-salaam dan siswa SMA Negeri di wilayah kecamatan Surakarta. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Harahap, R. A. (2016). Pengaruh Faktor Predisposing, Enabling dan Reinforcing Terhadap Pemberian Imunisasi Hepatitis B pada Bayi di Puskesmas Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal JUMANTIK, 1(1)
Herlina. (2013). Mengatasi masalah anak dan remaja melalui buku. Bandung: Pustaka Cendekia Utama.
Kaifa, K. (2013). Boarding School. Retrieved from: eprints.ums.ac.id/ (diakses pada tanggal 4 Oktober 2018)
Kusmiran, E. (2012). Kesehatan reproduksi remaja dan wanita. Jakarta: Salemba
Notoatmodjo, S. (2012). Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Pradono, J. & Sulistyowati, N. (2014). Hubungan antara Tingkat Pendidikan, Pengetahuan tentang Kesehatan Lingkungan, Perilaku Hidup Sehat dengan Status Kesehatan. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan,17(1)
Prasetiya, C. H. (2015). Efektifitas Pendidikan Kesehatan terhadap Peningkatan Pengetahuan Keluarga tentang Hipertensi. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 15(1)
Sari, T. P. (2013). Pendidikan Kesehatan Sekolah sebagai Proses Perubahan Perilaku Siswa. JPJI, 9(2)
Sinaga, E., Saribanon, N., Saadah, SN., Salamah, U., Murti, YA., Trisnamiati, A. & Lorita, S. (2017). Manajemen kesehatan menstruasi. Jakarta: Universitas Nasional
Stöppler, M. C. (2018). Puberty. Retrieved from: https://www.medicinenet.com/ (diakses pada tanggal 26 Februari 2019)
Supatmi & Adyani, A. (2016). Tindakan Personal Hygiene (Vulva Hygiene) Saat Menstruasi Pada Siswi Smp Muhammadiyah X Surabaya. Jurnal publikasi
Susanto, E. (2014). Gambaran personal hygiene pada remaja di pesantren al-athiyah lembah selawah aceh besar tahun 2014. Tesis, Universitas Syiah Kuala
Syaputri, P. (2014). Hubungan Tingkat Pendidikan, Status Ekonomi, dan Lingkungan dengan Perilaku Seks Remaja (14-17 tahun) di Gampong Kuta Padang Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Skripsi, Universitas Teuku Umar
Umairoh, C. (2014). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Perineal Hygiene pada Remaja Putri Berbasis Precede Proceed Model di SMPN 45 Surabaya. Jurnal Publikasi
UNICEF. (2016). Panduan khusus anak perempuan untuk sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah. Bandung
World Health Organization (WHO). (2018). Coming of age- adolescent health. Retrieved from: http://www.who.int/ (diakses pada tanggal 4 Oktober 2018)
Zahara, C. R. (2014). Hubungan penyuluhan tentang personal hygiene dengan perilaku remaja putri pada saat menstruasi di SMU Cut Nyak Dhien Langsa tahun 2014. Tesis, Universitas Sumatera Utara