GAMBARAN KESIAPAN MAHASISWA KEPERAWATAN TINGKAT AKHIR UNIVERSITAS UDAYANA DALAM MENGHADAPI PROFESI NERS DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Ellang Fauzian Lesmana Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Ni Komang Ari Sawitri Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Kadek Eka Swedarma Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Pandemi COVID-19 berdampak terhadap perubahan metode pembelajaran mahasiswa keperawatan Universitas Udayana. Perubahan metode pembelajaran dengan sistem blended menuntut mahasiswa pada tahap akademik untuk dapat beradaptasi sehingga dapat mempengaruhi kesiapan melanjutkan pada tahap profesi Ners. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran kesiapan mahasiswa keperawatan tingkat akhir Universitas Udayana dalam menghadapi profesi Ners di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif. Sebanyak 60 mahasiswa angkatan 2018 tingkat akhir terlibat sebagai partisipan kesiapan menghadapi profesi Ners dengan menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden dari rentang usia 21 tahun sampai 23 tahun didapatkan hasil bahwa sebagian besar responden berusia 22 tahun sebanyak 34 orang (56,7%) dan mayoritas responden adalah perempuan sebanyak 50 orang (83,3%). Mayoritas responden memiliki tingkat kesiapan dengan kategori siap yaitu 54 responden (90%). Penelitian selanjutnya diharapkan dapat meningkatkan kesiapannya sebelum melanjutkan profesi Ners dengan mengikuti seminar profesi perawat untuk meningkatkan motivasi dan pengetahuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Casey, K., Fink, R., Jaynes, C., Campbell, L., Cook, P., Wilson, V. & Al, C.E.T. 2011, ‘Readiness for Practice: The Senior Practicum Experience’, Journal of Nursing Education, vol. 50, no. 11, pp. 646–52.
Christiana, E. (2020). Burnout akademik selama pandemi covid 19. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Mengukuhkan Eksistensi Peran BK Pasca Pandemi Covid-19 Di Berbagai Setting Pendidikan, 8–15. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/snbk/article/view/1129
Constantia, A., Arneliwati & Utomo, W. (2017), ‘Faktor-faktor Internal Yang Berhubungan Dengan Motivasi Mahasiswa Untuk Melanjutkan Pendidikan Ners di PSIK Universitas Riau’, Jurnal ners Indonesia, vol. 8, no. 1, pp. 69–78
Dibenedetto, C.A. & Myers, B.E. (2016). A Conceptual Model for the Study of Student Readiness in the 21st Century, NACTA Journal, vol. 60, no. 1a.
Fadli, F., Safruddin, S., Ahmad, A.S., Sumbara, S. & Baharuddin, R. (2020), Faktor yang Mempengaruhi Kecemasan pada Tenaga Kesehatan Dalam Upaya Pencegahan Covid-19, Jurnal Pendidikan Keperawatan
Indonesia, vol. 6, no. 1, pp. 57–6
Fadly, K. (2017), Kesiapan Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara Mengikuti Program Pendidikan Profesi Ners, Skripsi, Universitas Sumatera Utara.Fahriani, 2011).
Hasanah, U., Ludiana, Immawati & PH, L. 2020, ‘Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19’, Jurnal Keperawatan Jiwa, vol. 8, no. 3, pp. 299–306.
Husaini, F.A. & Asriyadi, F. (2020), Studi Korelasi Sikap dan Kesiapan Penerapan
Evidence-Based Practice pada Mahasiswa Profesi Ners UMKT Tahun 2019, Borneo Student Research, vol. 2, no. 1, pp. 78–84.

Kemdikbud. (2020b). Pedoman Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Selama Darurat Bencana COVID-19 di Indonesia, https://www.kemdikbud.go.id/main/
Kemdikbud. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/06/buku-saku-panduan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19
Mishra, R. & Rani, R. (2020), Healthy life style practices to combat COVID-19 pandemic–A mini review, IP Indian Journal of Immunology and Respiratory Medicine, vol. 5, no. 3, pp. 137–40
Mulyani, D (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar, Konselor, vol. 2, no. 1, pp. 27–31.
Ramadhani, L. F., Rahayu, E., & Hidayat, A. I. (2021). Gambaran Kesiapan Mahasiswa Tingkat Akhir dalam Menghadapi Profesi Ners di Universitas Jenderal Soedirman Saat Pandemi Covid-19. Journal of Bionursing, 3(2), 95-104.
Santika, I.G.P.N.A. (2015), Hubungan Indeks Massa Tubuh (IMT) Dan Umur Terhadap Daya Tahan Umum (Kardiovaskuler) Mahasiswa Putra Semester II Kelas A Fakultas Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan IKIP PGRI Bali Tahun 2014’, Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, vol. 1, pp. 42–7.
Sari, D.A.D.C.Y. (2015), Hubungan Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Keperawatan Dengan Motivasi Melanjutkan Pendidikan Profesi Ners Di PSIK Universitas Jember, Skripsi, Universitas Jember.
Sari, D.A.D.C.Y., Wijaya, D. & Purwandari, R. (2017), Hubungan Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Keperawatan dengan Motivasi Melanjutkan Pendidikan Profesi Ners di PSIK Universitas Jember, Jurnal Pustaka Kesehatan, vol. 5, no. 3, pp. 505–12.
Suharto, S. & Suminar, R. (2017), Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Perawat Dengan Tindakan Pencegahan Infeksi Di Ruang Icu Rumah Sakit, Jurnal Riset Hesti Medan Akper Kesdam I/BB Medan, vol. 1, No. 1, p.1
Sahputri, A. H. (2013). Proses implementasi dalam keperawatan
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sulistyowati, A. (2009). Hubungan Persepsi Mahasiswa Tentang Praktek Klinik Keperawatan Dengan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa S1 Keperawatan UMS, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Suryaman, A., Fahmi, I., & Ganefianty, A. (2021). Tantangan Dan Solusi Pendidikan Keperawatan Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Indonesia. Jurnal Penelitian Kesehatan SUARA FORIKES (Journal of Health Research Forikes Voice), 12(3), 249–252. https://forikes-ejournal.com/index.php/SF/article/view/1372
Teting, B., Lehyun, Y. & Angariani, A. (2020). Komparasi Hasil Belajar Mata Kuliah Patofisiologi Antara Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Dengan Pembelajaran Luar Jaringan (Luring) Mahasiswa Semester Ii Stikes Dirgahayu Tahun Akademik 2019 / 2020’, Jurnal Keperawatan Dirgahayu, vol. 2, no. 1, pp. 23–31.
Wahyuningsih, R., Emaliyawati, E. & Widianti, E. (2020), Readiness of Nursing Profession Students Universitas Padjadjaran on Handling Emergency Patients in Emergency Department, Padjadjaran Acute Care Nursing Journal, vol. 1, no. 2, pp. 60–8.
Published
2024-12-17
How to Cite
LESMANA, Ellang Fauzian; SAWITRI, Ni Komang Ari; SWEDARMA, Kadek Eka. GAMBARAN KESIAPAN MAHASISWA KEPERAWATAN TINGKAT AKHIR UNIVERSITAS UDAYANA DALAM MENGHADAPI PROFESI NERS DI MASA PANDEMI COVID-19. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 12, n. 3, p. 319-327, dec. 2024. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/110228>. Date accessed: 04 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2024.v12.i03.p12.
Section
Articles