HUBUNGAN DURASI DENGAN KONSENTRASI BELAJAR MAHASISWA PSSKPPN FK UNUD SELAMA PEMBELAJARAN DARING
Abstract
Metode daring membuat proses, waktu, dan metode untuk pembelajaran menjadi lebih fleksibel bagi mahasiswa maupun dosen. Namun demikian, teridentifikasi beberapa kendala yang dialami mahasiswa seperti kejenuhan dan kelelahan karena terlalu lama menatap layar selama mengikuti pembelajaran daring sehingga dapat mengganggu konsentrasi belajarnya. Konsentrasi belajar merupakan hal yang sangat penting untuk mendukung keberhasilan mahasiswa selama proses pembelajaran yang akan berdampak pada prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan durasi dengan konsentrasi belajar mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (PSSKPPN FK Unud) selama pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross-sectional. Pada penelitian ini menggunakan probability sampling jenis proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 176 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rerata durasi belajar daring mahasiswa yaitu 249 menit per harinya dan rerata konsentrasi belajar mahasiswa yaitu 101,74 yang termasuk dalam konsentrasi belajar sedang. Hasil uji korelasi Spearman Rank pada penelitian ini menunjukkan nilai p = 0,874 > 0,05 yang berarti tidak terdapat hubungan yang signifikan antara durasi dengan konsentrasi belajar mahasiswa PSSKPPN FK Unud selama pembelajaran daring.
Downloads
References
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Brett, Peter. (2021). Re: Online learning course duration. Retrieved from: https://www.researchgate.net/post/online learning course duration
Camargo, C. P., Tempski, P. Z., Busnardo, F. F., Martins, M. D. A., & Gemperli, R. (2020). Online learning and COVID-19: a meta-synthesis analysis. Clinics, 75.
Caesarridha, D. K. (2021). Hubungan Kualitas Tidur dengan Konsentrasi Belajar pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Medika Hutama, 2(04 Juli), 1213-1217.
Fadhil, Z. M., Khashea, M. S., Abdulqader, A. F., & Almothaffar, A. (2022). Memory and Concentration Skills in A Sample of First Grade Medical Students at University of Baghdad/College of Medicine. medRxiv, 2022-04.
Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. (2020). Buku Pedoman Akademik Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.
Hanifah, A., Widianti, E., & Yudianto, K. (2018). Learning Concentration Level Of Students At Faculty Of Nursing Universitas Padjadjaran (An Overview Of The Z Generation). Journal of Nursing Care, 1(3).
Hidayati, S., Amalia, R., & Aiyub, A. (2021). Burnout Mahasiswa Keperawatan dalam mengikuti Program Profesi Ners di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 5(4).
Husna, N. (2022). Gambaran Konsentrasi Belajar Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Sumatera Utara (Doctoral dissertation, Unversitas Sumatera Utara).
Hutagalung, R. (2019). Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Tingkat I Diploma III Keperawatan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dirgahayu Samarinda. Jurnal Keperawatan Dirgahayu (JKD), 1(2), 17-25.
Isnawati, R. (2020). Cara Kreatif Dalam Proses Belajar (Konsentrasi Belajar pada Anak Gejala Gangguan Pemusatan Perhatian (ADD)). Jakad Media Publishing.
Izzah, L. I. (2020). Pengaruh Mendengarkan Musik Terhadap Mood Belajar Pada Mahasiswa Manajemen Dakwah Uin Suska Riau. Nathiqiyyah, 3(1), 38-43.
Mahaputra, I. K. B. S., Adiputra, L. M. I. S. H., & Griadhi, P. A. G. (2020). Perbedaan Tingkat Konsentrasi Pada Murid Sma Antara Duduk Dan Duduk-Berdiri-Stretching Pada Proses Pembelajaran Di Sma Negeri 1 Singaraja. Jurnal Medika Udayana, 9(4), 88–92. https://doi.org/10.24843.MU.2020.V9.i5.P18
Pattynama, P. P., Huwae, L. B., & Kailola, N. E. (2022). Hubungan Durasi Belajar Daring Selama Pandemi Covid-19 Dengan Jenis Nyeri Kepala Primer Pada Mahasiswa Preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura Ambon. Molucca Medica, 15(1), 53-59.
Purba, S. D., Sijabat, F., & Amila, A. (2022). Pembelajaran Daring, Stres Dan Zoom Fatigue Pada Mahasiswa D-Iii Keperawatan Selama Pandemi Covid-19. Indonesian Trust Health Journal, 5(2), 110-118.
Purnamasari, R., Malani, S., Savitri, M. D., Lestari, R. N., Salsabilla, A., & Sari, D. A. (2020). Pembelajaran Tatap Muka Dan Daring Terhadap Pembelajaran Mahasiswa/Iteknik Kimia. Prosiding Seminar Nasional Universitas Islam Syekh Yusuf, 1364–1369. https://doi.org/10.31219/osf.io/g3d6f
Pustikasari, A., & Fitriyanti, L. (2021). Stress dan Zoom Fatigue pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 13(1), 25–37. https://doi.org/10.37012/jik.v13i1.467
Rahmayana, A., & Syakurah, R. A. (2022). Analisis Postur dan Durasi Belajar selama Perkuliahan Daring terhadap Keluhan Low Back Pain pada Mahasiswa Ilmu Kesehatan Dan Teknologi Muhammadiyah Palembang. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan: Publikasi Ilmiah Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, 9(1), 61-64.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Sadu, B., Imus, W., Prayogo, D., Wicaksono, U., & Ahok, M. (2022). Perbedaan Tingkat Konsentrasi Belajar Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran Online dan Offline pada Mahasiswa Fisioterapi STIKES Suaka Insan Banjarmasin. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 8(2), 385-394.
Sagareno, A. Z., & Sutarto. (2020). Uji Validitas Kuesioner SLCQ-I pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Lampung Validity Test of SLCQ-I Questionnaire on Medical Students of Malahayati University, Lampung. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11(1), 8–12. https://akper-sandikarsa.e-journal.id/JIKSH
Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–13.
Sari, B. T. W. (2019). Pengaruh Durasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Ledok 006 Salatiga. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 139–144. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i1.264
Sari, R. P., Amir, Y., & Woferst, R. (2022). Efektivitas Intervensi Stretching Dengan Menggunakan Video Terhadap Penurunan Intensitas Low Back Pain Pada Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Riau Di Masa Pandemi Covid-19. JUKEJ: Jurnal Kesehatan Jompa, 1(2), 92-99.
Sati, L., & Sunarti, V. (2021). The Relationship between Learning Concentration and Learning Outcomes of Students at LKP Hazika Education Center. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(4), 531. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i4.113946
Savitri, E. P. (2019). Hubungan Penggunaan Gawai dengan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Semester II Keperawatan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas' Aisyiyah Yogyakarta).
Senggo’Palayukan, S. (2020). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perubahan Kualitas Tidur Mahasiswa Universitas Megarezky Makassar. Nursing Inside Community, 2(2), 59-63.
Shodiq, F., Kosasih, E., & Maslihah, S. (2020). Need To Belong Dan of Missing Out Mahasiswa Pengguna Media Sosial Instagram. Jurnal Psikologi Insight, 4.
Sibero, P. P. R. T., Ratu, K., Nurina, L., & Folamauk, C. L. (2022). Correlation Between Duration and Frequency Online Lecture With Conference Fatigue At Medical Faculty University Nusa Cendana. Cendana Medical Journal (CMJ), 10(2), 370-383.
Sihotang, H., Harefa, N., Lamsari, L. S., & Murniarti, E. (2021). Concentration Of Student’s Learning Through Utilization Of Quizlet Application On Learning Evaluation. Advances in Social Sciences Research Journal, 8(1), 589–598. https://doi.org/10.14738/assrj.81.9636
Suha, Y., Nauli, F. A., & Karim, D. (2022). Gambaran Burnout Pada Mahasiswa Jurusan Keperawatan. Community of Publishing in Nursing (COPING),10(2).
Sunawan, S., Amin, Z. N., Hafina, A., & Kholili, M. I. (2021). The differences of students’ burnout from level of education and duration daily online learning during COVID-19 pandemics. In Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management (pp. 3723-3729).
Winarni, S. A. D., Basuki, S. W., Herawati, E., & Ichsan, B. (2021). Pengaruh Uang Saku, Motivasi, Serta Durasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Proceeding Book National Symposium and Workshop Continuing Medical Education XIV.
Yuliana, Anindita, H. A., & Syaifuddin, M. W. (2021). Pengaruh Konsentrasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika pada Pembelajaran Daring. PRISMA, 10(2), 141–155. https://jurnal.unsur.ac.id/prisma
Zulfiani, R. (2021). Hubungan Kondisi Lingkungan Dengan Tingkat Konsentrasi Siswa. EDUCATOR (Directory of Elementary Education Journal), 2(1), 1-22.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.