PENINGKATAN SELF EFFICACY MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN KEBENCANAAN FADIP (FIRST AID AND DISASTER PLAN TRAINING)

  • I Made Suindrayasa Program Studi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners
  • Meril Valentine Manangkot Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • I Kadek Saputra Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Ari Wibawa Program Studi Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Dalam kondisi kebencanaan persiapan penanggulangan dan mitigasi harus disiapkan self efficacy yang baik. Self-efficacy dalam kebencanaan adalah kepercayaan diri individu terhadap kekuatan yang dipunyai untuk mampu melakukan mengatasi kondisi kebencanaan. Pelatihan kebencanaan FADIP (First Aid and Disaster Plan Training) merupakan pelatihan yang berisi tentang topik-topik persiapan, penanggulangan, dan mitigasi bencana. Desa Tista adalah desa wisata yang terletak di Kabupaten Tabanan Provinsi Bali yang sedang berkembang. Industri pariwisata harus didukung oleh berbagai aspek khususnya kesehatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah ada peningkatan self efficacy masyarakat melalui pelatihan kebencanaan FADIP (first aid and disaster plan training) di Desa Wisata Tista Kabupaten Tabanan. Tujuan dari penelitian ini yaitu peningkatan self efficacy masyarakat melalui pelatihan kebencanaan FADIP (first aid and disaster plan training) di Desa Wisata Tista Kabupaten Tabanan. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik dengan metode quasi experiment dengan pre-post test. Sampel penelitian ini adalah responden yang berada / tinggal di daerah Desa Wisata Kabupaten Tabanan. Jumlah responden sebanyak 30 orang. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian didapat nilai p-value < 0,05 yang memiliki arti ada peningkatan self efficacy masyarakat melalui pelatihan kebencanaan FADIP (first aid and disaster plan training) di Desa Wisata Tista Kabupaten Tabanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfarizi T. (2020). 5M dimasa pandemi COVID-19 di Indonesia. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jurnal Sains Teknologi dalam Pemberdayaan Masyarakat.
Aminudin. (2018). Mitigasi dan Kesiapsiagaan Bencana Alam. Bandung: Angkasa.
Artha & Supriadi. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Self Efficacy dalam Pemecahan Masalah Penyesuaian Diri Remaja Awal. Jurnal Psikologi Udayana, Vol 1, No 1.
LIPI. (2020). Pengembangan Framework untuk Mengukur Kesiapsiagaan Masyarakat terhadap Bencana Alam. Jakarta: LIPI-UNESCO/ISDR.
Mardalena, I. (2018). Asuhan Keperawatan Gawat Darurat, cetakan I. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
Maria. I, dkk. (2020). Caring Dan Comfort Perawat Dalam Kegawatdaruratan. Yogyakarta: Deepublish. 118,
Mills Nicole., Frank Pajares & Carol Herron. (2019). A Reevaluation Of The Role Of Anxiety: Self-Efficacy, Anxiety, And Their Relation To Reading And Listening Proficiency. Foreign Language Annals. 39 (2), 278-279.
Perry & Potter. (2016). Buku Ajar Fundamental Keperawatan. Edisi 4. Vol.2. Jakarta: EGC.
Sarwono, Sarlito Wirawan. (2017). Teori-Teori Psikologi Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suindrayasa. (2018). Pengaruh Pelatihan Basic Life Support Terhadap Tingat Pengetahuan Masyarakat Tentang Kegawatdaruratan Di Kawasan Pariwisata Tanah Lot Bali. Senastek Universitas Udayana 2018.
Suindrayasa. (2020). Pengaruh Emergency Program Terhadap Self Efficacy Dan Motivasi Menolong pada Remaja Di Desa Wisata Bongan Tabanan. Senastek Universitas Udayana 2020.
Suwantoro. (2014). Dasar-dasar Pariwisata, Upaya Pengembangan Pariwisata Alternatif. Yogyakarta.
Yoeti. O. A. (2016). Pariwisata Budaya, Masalah dan solusinya. Jakarta: PT. Pradnya Parami
Published
2024-02-07
How to Cite
SUINDRAYASA, I Made et al. PENINGKATAN SELF EFFICACY MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN KEBENCANAAN FADIP (FIRST AID AND DISASTER PLAN TRAINING). Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 11, n. 6, p. 527-532, feb. 2024. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/109030>. Date accessed: 30 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2023.v11.i06.p04.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>