ANALISIS KUALITAS BAKTERIOLOGIS, KANDUNGAN LOGAM BERAT, SERTA PERILAKU PENGELOLAAN SAMPAH DAN LIMBAH CAIR PADA MASYARAKAT DI SEKITAR SUNGAI AYUNG, DESA KESIMAN PETILAN – KOTA DENPASAR

  • Ni Luh Made Angnidiah Sri Sahanita Bawanti Rahmi
  • I Gede Herry Purnama

Abstract

ABSTRAK
Sungai memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat, mulai dari untuk sarana irigasi hingga dijadikan sumber air baku untuk air bersih. Namun, keberadaan sungai saat ini terancam oleh adanya pencemaran. Sebagai salah satu sungai terpanjang di Provinsi Bali, Sungai Ayung juga memiliki potensi untuk dijadikan objek wisata. Hal ini menyebabkaan kelestarian Sungai Ayung perlu dijaga. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air sungai pada segmen yang akan dijadikan area wisata air baru, dilihat dari sisi bakteriologis dan kandungan logam berat pada sedimen sungai, serta untuk mengetahui gambaran perilaku masyarakat di bantaran Sungai Ayung dalam pengelolaan sampah dan limbah cair. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa secara keseluruhan, kandungan Coliform dan Escherecia coli pada ketiga segmen Sungai Ayung melebihi batas normal, sehingga air Sungai Ayung sudah tercemar dari sisi bakteriologis dan logam berat. Selain itu, perilaku masyarakat dalam membuang sampah dan limbah cair rumah tangga di sekitar Sungai Ayung masih perlu ditingkatkan agar tidak mencemari lingkungan dan Sungai Ayung. Oleh sebab itu, perlu adanya upaya peningkatan pengetahuan dan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian Sungai Ayung.
Kata kunci: Bakteriologis, Logam Berat, Sampah, Limbah Cair, Sungai Ayung

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-16
How to Cite
BAWANTI RAHMI, Ni Luh Made Angnidiah Sri Sahanita; PURNAMA, I Gede Herry. ANALISIS KUALITAS BAKTERIOLOGIS, KANDUNGAN LOGAM BERAT, SERTA PERILAKU PENGELOLAAN SAMPAH DAN LIMBAH CAIR PADA MASYARAKAT DI SEKITAR SUNGAI AYUNG, DESA KESIMAN PETILAN – KOTA DENPASAR. ARCHIVE OF COMMUNITY HEALTH, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 462 - 474, jan. 2022. ISSN 2527-3620. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/ach/article/view/82497>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/ACH.2021.v08.i03.p07.
Section
Articles