METODE-METODE PENGOLAHAN AIR GAMBUT YANG EFEKTIF DALAM MENURUNKAN INTENSITAS WARNA AIR SUNGAI KAHAYAN: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

  • Lentar Aditya Djinu
  • I Gede Herry Purnama

Abstract

ABSTRAK
Air gambut adalah salah satu air permukaan yang terdapat pada daerah gambut yang tersebar di dataran rendah seperti di wilayah Sumatra dan Kalimantan. Karakteristik air gambut sendiri memiliki intensitas warna yang cukup tinggi (berwarna merah kecoklatan). Air gambut sering digunakan masyarakat untuk melakukan kegiatan sehari-hari dan memiliki risiko membawa penyakit yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Tujuan pada penelitian ini untuk meninjau dan mengetahui metode-metode pengolahan air gambut yang efektif dalam menurunkan intensitas warna pada artikel-artikel penelitian selama satu dekade terakhir. Metode Systematic Literature Review yang digunakan pada penelitian ini, dengan sumber literatur yang ditemukan pada portal Google Scholar, Science Direct, dan Garuda Ristekbrin. Pencarian dilakukan dengan kata kunci “pengolahan air”, “menurunkan intensitas warna”, “air gambut”, “water treatment", "reducing color intensity", dan "peat water". Setelah artikel melalui proses peninjauan terdapat 16 artikel dan ditemukan Pengolahan berbeda-beda. Pengolahan Secara kimia menggunakan proses koagulasi dan flokulasi, pengolahan secara fisik menggunakan proses filtrasi, dan pengolahan secara biologis dengan penambahan bakteri yang dapat membantu penguraian zat organik pada air gambut. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492 Tahun 2010, kualitas warna air ditetapkan maksimum 15 TCU. Metode pengolahan air yang paling efektif untuk menurunkan intensitas warna secara kimia dengan efisiensi penurunan warna mencapai 99,20%.
Kata Kunci: Systematic Literature Review, Metode Pengolahan, Air Gambut, Efektif, Penurunan Intensitas Warna.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-16
How to Cite
DJINU, Lentar Aditya; PURNAMA, I Gede Herry. METODE-METODE PENGOLAHAN AIR GAMBUT YANG EFEKTIF DALAM MENURUNKAN INTENSITAS WARNA AIR SUNGAI KAHAYAN: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. ARCHIVE OF COMMUNITY HEALTH, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 442 - 461, jan. 2022. ISSN 2527-3620. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/ach/article/view/82495>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/ACH.2021.v08.i03.p06.
Section
Articles