PERAN MEDIASI KEPUASAN KERJA PADA PENGARUH WORK-FAMILY CONFLICT TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN HOTEL DAFAM SAVVOYA

  • I Gede Adi Juliawan Universitas Udayana
  • I Gusti Bagus Honor Satrya Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada karyawan Hotel Dafam Savvoya Seminyak, Badung, Bali, Indoneisa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepuasan kerja memediasi work-family conflict terhadap turnover intention pada Hotel Dafam Savvoya Seminyak, Badung, Bali, Indonesia. Hotel Dafam Savvoya Seminyak, Badung, Bali, Indonesia merupakan salah satu bisnis yang bergerak di bidang akomodasi. Sampel yang diambil sebanyak 33 respoonden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala likert 5 poin untuk mengukur 14 item pernyataan. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif, analisis jalur, uji sobel dan uji asumsi klasik. Hasil analisis menunjukan bahwa work-family conflict berpengaruh positif dan signifikan terhadap turnover intention. Work-family conflict berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Kepuasan kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention. Kepuasan kerja memediasi pengaruh work-family conflict terhadap turnover intention. Upaya menurunkan turnover intention pada karyawan, manager atau departemen HRD diharapkan lebih memperhatikan tingkat work-family conflict dan tingkat kepuasan kerja yang dirasakan oleh karyawan. Hal ini bertujuan agar karyawan tidak memiliki pemikiran terkait keinginan turnover intention terhadap perusahaannya.


Kata Kunci: turnover intention, work-family conflict, kepuasan kerja

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-03
How to Cite
JULIAWAN, I Gede Adi; SATRYA, I Gusti Bagus Honor. PERAN MEDIASI KEPUASAN KERJA PADA PENGARUH WORK-FAMILY CONFLICT TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN HOTEL DAFAM SAVVOYA. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 8, p. 2936 - 2955, aug. 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/61097>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i08.p03.
Section
Articles