PERAN STRES KERJA MEMEDIASI BEBAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN KANTOR CABANG PT.BINTANG SIDORAYA

  • Dhita Yulistana Universitas Udayana
  • I Gusti Bagus Honor Satrya Universitas Udayana

Abstract

Perusahaan harus memperhatikan bagaimana pekerja dapat m enikmati pekerjaannya, atau mendapatkan apa yang ia harapkan. Penelitian ini dilakukan padaPT. Bintang Sidoraya yaitu perusahaan yang bergerak pada bisnis distributor minuman yang telah berdiri seja k tahun 1981. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara beban kerja dan stres kerja dengan kepuasan kerja, serta untuk mengetahui peran stres kerja dalam memediasi hubungan beban kerja dan kepuasan kerja. Populasi dalam penelitian ini ialah karyawan PT. Bintang Sidoraya m emiliki total 47 orang. Teknik analisis menggunakan analisis jalur. Hasil analisis m enunjukkan bahwa beban kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap stres kerja. Beban kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Stres kerja berpengaruh negatif dan signif ikan terhadap kepuasan kerja. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa stres kerja diyakini seca ra parsial memediasi hubungan antara beban kerja dan kepuasan kerja.Pihak perusahaan diharapakan dapat memberikan beban kerja sesuai dengan kemampuan dan kapabilisita s dari karyawan, perusahaan diharapkan dapat memberikan waktu kebersamaan antara karyawan a gar hubungan antar karyawan lebih akrab dan mempertahankan apa yang sudah baik, serta perusahaan diharapkan dapat lebih memberikan penghargaan bagi karyawan baik dalam hal dukungan berupa ucapan terimakasih atas pekerjaan yang telah diselesaikan dengan baik serta memberikan gaji yang sesuai dengan beban kerja yang dirasakan oleh karyawan. Kata Kunci: Beban kerja, stres kerja, kepuasan kerja

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-25
How to Cite
YULISTANA, Dhita; SATRYA, I Gusti Bagus Honor. PERAN STRES KERJA MEMEDIASI BEBAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN KANTOR CABANG PT.BINTANG SIDORAYA. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 62 - 81, jan. 2022. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/72373>. Date accessed: 30 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i01.p04.
Section
Articles