PERAN BUDAYA ORGANISASI MEMODERASI PELATIHAN HIJAU TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA HOTEL GRIYA SANTRIAN SANUR

  • Pande Putu Adi Satyawan Universitas Udayana
  • I Gusti Bagus Honor Satrya Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada karyawan Hotel Griya Santrian Sanur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi memperkuat (memoderasi) pelatihan hijau terhadap organitazional citizhensip behaviour pada Hotel Griya Santrian Sanur. Sampel yang diambil sebanyak 177 responden, menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner. Teknik analisis yang digunakan adalah moderated regression analysis. Hasil analisis menunjukan bahwa pelatihan hijau berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB karyawan pada Hotel Griya Santrian, dengan demikian semakin efektif penerapan pelatihan hijau yang diberikan kepada karyawan maka prilaku extra role dari karyawan di Hotel Griya Santrian semakin meningkat. Budaya organisasi memperkuat terhadap OCB karyawan pada Hotel Griya Santrian, hal ini berarti ketika budaya organisasi memperkuat pelatihan hijau maka prilaku OCB dari karyawan di Hotel Griya Santrian akan semakin meningkat. Budaya organisasi sebagai variabel moderasi memperkuat pengaruh pelatihan hijau terhadap organitazional citizhenship behaviour karyawan Hotel Griya Santrian, hal ini mengindikasikan bahwa lebih positif dan signifikan ketika budaya organisasi ikut memperkuat (memoderasi) pelatihan hijau.


Kata Kunci: pelatihan hijau, budaya organisasi,  organitazional citizhensip behaviour

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-03
How to Cite
SATYAWAN, Pande Putu Adi; SATRYA, I Gusti Bagus Honor. PERAN BUDAYA ORGANISASI MEMODERASI PELATIHAN HIJAU TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA HOTEL GRIYA SANTRIAN SANUR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 9, p. 3321 - 3340, sep. 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/61094>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i09.p01.
Section
Articles