KEPUASAN KERJA MEMEDIASI PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA MARGA YUMNA ADVENTUR

  • I Putu Dharma Sadhana Universitas Udayana
  • I Gusti Bagus Honor Satrya Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada karyawan PT. Marga Yumna Adventur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja sebagai variabel mediasi antara perceived organizational support terhadap organizational citizenship behavior. Sampel yang diambil sebanyak 62 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif, analisis jalur dan uji sobel. Hasil analisis menunjukan bahwa perceived organizational support berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, hal ini mengindikasikan semakin banyak dukungan yang diberikan oleh manajemen PT. Marga Yumna Adventur maka kepuasan karyawan akan meningkat. Kepuasan kerja dan Perceived organizational support berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB, hal ini berarti bahwa semakin tinggi tingkat kepuasan yang dirasakan karyawan dan semakin banyak dukungan yang diberikan oleh manajemen PT. Marga Yumna Adventur maka semakin tinggi pula OCB yang dimiliki karyawan. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan memediasi peran perceived organizational support terhadap OCB hal ini berarti semakin banyak dukungan yang diberikan oleh manajemen PT. Marga Yumna Adventur maka kepuasan karyawan akan meningkat dan kemudian akan meninmbulkan perilaku OCB yang lebih baik pada karyawan.


Kata Kunci: perceived organizational support, kepuasan kerja, OCB

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-03
How to Cite
SADHANA, I Putu Dharma; SATRYA, I Gusti Bagus Honor. KEPUASAN KERJA MEMEDIASI PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA MARGA YUMNA ADVENTUR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 7, p. 2830 - 2851, july 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/61091>. Date accessed: 21 oct. 2020. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i07.p18.
Section
Articles