PERAN BRAND AWARENESS DALAM MEMEDIASI PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PURCHASE INTENTION

  • Ida Bagus Putu Asdhi Setiawan Universitas Udayana
  • Ni Made Asti Aksari Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran brand awareness dalam memediasi pengaruh celebrity endorser terhadap purchase intention pada produk sepatu Adidas Yeezy. Penelitian ini dilakukan di Provinsi Bali dengan menggunakan sampel sebanyak 60 responden melalui metode non-probablity sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dan uji Sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness dan purchase intention; brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention; dan brand awareness secara signifikan mampu memediasi pengaruh celebrity endorser terhadap purchase intention. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa brand awareness dan celebrity endorser yang baik akan mampu mempengaruhi purchase intention pada produk sepatu Adidas Yeezy.


Kata kunci: celebrity endorser, brand awareness, purchase intention

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-03
How to Cite
SETIAWAN, Ida Bagus Putu Asdhi; AKSARI, Ni Made Asti. PERAN BRAND AWARENESS DALAM MEMEDIASI PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PURCHASE INTENTION. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 6, p. 2352 - 2373, june 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/58231>. Date accessed: 28 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i06.p15.
Section
Articles