PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK MEREK WARDAH
Abstract
Pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia terjadi akibat adanya perubahan pada gaya hidup masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran brand image dalam memediasi pengaruh country of origin terhadap purchase intention pada produk merek Wardah. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang diisi oleh 120 responden di Denpasar, Bali dan dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa country of origin berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image dan purchase intention, dan purchase intention secara positif dipengaruhi oleh brand image. Selain itu, ditemukan bahwa country of origin dan purchase intention secara parsial dimediasi oleh brand image. Implikasi dari penelitian ini adalah jika konsumen memiliki persepsi yang baik terhadap asal negara sebuah produk, maka akan menimbulkan citra merek yang baik yang selanjutnya akan memengaruhi niat beli konsumen terhadap produk tersebut.