EMOSI POSITIF MEMEDIASI PENGARUH ATMOSFER TOKO TERHADAP PEMBELIAN TIDAK TERENCANA

  • I Putu Widya Artana Universitas Udayana
  • Ni Made Asti Aksari Universitas Udayana

Abstract

Pembelian tidak terencana merupakan pembelian yang dilakukan secara mendadak tanpa melalui proses perencanaan. Pembelian tidak terencana dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah rangsangan yang diciptakan melalui atmosfer toko. Pengaturan atmosfer toko yang baik akan menimbulkan emosi positif pada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran emosi positif dalam memediasi pengaruh atmosfer toko terhadap pembelian tidak terencana pada konsumen Alfamart di Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan 104 orang sebagai sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner secara online menggunakan google form. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan atmosfer toko mempunyai pengaruh positif dan signfikan terhadap emosi positif, sementara itu atmosfer toko dan emosi positif juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian tidak terencana. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa emosi positif mampu memediasi pengaruh atmosfer toko terhadap pembelian tidak terencana.


Kata kunci  : atmosfer toko, emosi positif, pembelian tidak terencana.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-03
How to Cite
ARTANA, I Putu Widya; AKSARI, Ni Made Asti. EMOSI POSITIF MEMEDIASI PENGARUH ATMOSFER TOKO TERHADAP PEMBELIAN TIDAK TERENCANA. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 5, p. 1983 - 2002, may 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/57444>. Date accessed: 28 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i05.p17.
Section
Articles