PERAN POSITIVE EMOTION MEMEDIASI STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING DI BEACHWALK KUTA BALI

  • Dewa Ayu Chandra Devi Universitas Udayana
  • I Nyoman Nurcaya Universitas Udayana

Abstract

Pertumbuhan ritel di Indonesia kuartal pertama tahun 2019 mengalami peningkatan konsumsi karena bisa memanfaatkan event-event penting sehingga konsumen lebih mudah dalam melakukan Impulse buying. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh store atmosphere terhadap positive emotion,  pengaruh positive emotion terhadap impulse buying, pengaruh store atmosphere terhadap impulse buying dan peran positive emotion dalam memediasi pengaruh store atmosphere terhadap impulse buying  di Beachwalk. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang berbelanja di Mall Beachwalk. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam studi ini adalah dengan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan mempertimbangkan kriteria yang ditentukan oleh peneliti. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini sebanyak 102 responden. Data dianalisis menggunakan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap positive emotion, positive emotion mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Positive emotion memediasi pengaruh store atmosphere terhadap impulse buying di Beachwalk


Kata kunci: Store atmosphere, Positive emotion, Impulse buying


 


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-03
How to Cite
DEVI, Dewa Ayu Chandra; NURCAYA, I Nyoman. PERAN POSITIVE EMOTION MEMEDIASI STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING DI BEACHWALK KUTA BALI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 3, p. 884 - 903, mar. 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/54612>. Date accessed: 21 oct. 2020. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i03.p04.
Section
Articles