PENGARUH BUDAYA ORGANISASI KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN

  • I Nyoman Bayu Putra Mahardika Universitas Udayana
  • I Made Artha Wibawa Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi, kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap organizational citizenship behavior. Penelitian ini dilakukan di perusahaan Focus Design Artglass Ubud. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 67 orang karyawan, dengan menggunakan teknik sampel jenuh, khususnya simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa budaya organisasi, kepuasan kerja dan komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior. Semakin tinggi budaya organisasi maka OCB juga akan semakin meningkat, semakin tinggi kepuasan kerja maka semakin tinggi pula OCB, dan semakin tinggi komitmen organisasional maka semakin tinggi pula OCB pada perusahaan Focus Design Artglass Ubud.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-03
How to Cite
BAYU PUTRA MAHARDIKA, I Nyoman; WIBAWA, I Made Artha. PENGARUH BUDAYA ORGANISASI KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 380 - 410, jan. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/41743>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i01.p14.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)