PELATIHAN TAI CHI DAN PELATIHAN AI CHI SAMA-SAMA MENINGKATKAN PERFORMA DUAL TASK PADA LANSIA

  • Andy Sirada Program Studi Magister Fisiologi Keolahragaan Universitas Udayana, Denpasar
  • I Putu Gede Adiatmika Departemen Ilmu Faal, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar
  • Muhammad Ali Imron Fakultas Fisioterapi Universitas ‘Aisyiyah, Yogyakarta
  • I Putu Adiartha Griadi Departemen Ilmu Faal, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar
  • I Made Muliarta Departemen Ilmu Faal, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar
  • Putu Astawa Departemen Orthopedi dan Traumatologi, RSUP Sanglah, Denpasar

Abstract

Pendahuluan: Aktifitas yang dilakukan seseorang dalam kesehariannya tidak lepas dari aktifitas multitasking dimana pada aktifitas tersebut minimal seseorang harus mampu melakukan dua aktifitas sekaligus (dualtask), lansia dengan gangguan kognitif atau tidak mampu melakukan aktifitas ganda atau dualtask mempunyai resiko jatuh yang tinggi. Salah satu tindakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan dualtask pada lansia adalah dengan latihan Tai Chi. Tai Chi dan Ai Chi merupakan dua metode latihan yang terbukti mampu meningkatkan kualitas hidup lansia dimana mengurangi resiko jatuh salah satunya. Tujuan penelitian untuk membuktikan apakah ada perbedaan pelatihan Tai Chi  dan pelatihan Ai Chi dalam meningkatkan performa dual task pada lansia.


Metode: Penelitian dilakukan selama 6 minggu di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram Lombok dimana sampel penelitian adalah pasien poliklinik fisioterapi yang berusia 60-80 tahun. Penelitian menggunakan rancangan two group pre and post test design dengan jumlah sampel  34 orang yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu Kelompok Ai Chi (n = 17) dan Kelompok Tai Chi (n =17). Performa dual task diukur menggunakan time up and go test (TUG) dual task.


Hasil: Nilai performa dualtask pelatihan Tai Chi dan pelatihan Ai Chi meningkat bermakna dengan nilai p<0,05. Nilai performa dual task setelah pelatihan Tai Chi dan pelatihan Ai Chi tidak berbeda bermakna dengan nilai performa dual task p>0,05.


Simpulan: Pelatihan Tai Chi dan Pelatihan Ai Chi mempunyai efek yang sama dalam meningkatkan performa dual task pada lansia

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-09
How to Cite
SIRADA, Andy et al. PELATIHAN TAI CHI DAN PELATIHAN AI CHI SAMA-SAMA MENINGKATKAN PERFORMA DUAL TASK PADA LANSIA. Sport and Fitness Journal, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 1-7, jan. 2020. ISSN 2654-9182. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sport/article/view/56085>. Date accessed: 25 nov. 2020. doi: https://doi.org/10.24843/spj.2020.v08.i01.p01.