PENAMBAHAN NERVE STRETCHING LEBIH BAIK DIBANDINGKAN NERVE GLIDING SETELAH MC KENZIE EXERCISE DALAM MENURUNKAN GANGGUAN SENSORIK DAN MENINGKATKAN FLEKSIBILITAS NERVUS ISCHIADICUS PADA HERNIA NUCLEUS PULPOSUS LUMBAL

  • Fendy Nugroho Magister Fisiologi Olahraga, Universitas Udayana, Denpasar Bali
  • I Wayan Weta Fakultas kedokteran Universitas Udayana, Denpasar Bali
  • Sugijanto - Fakultas Fisioterapi, Universitas Esa Unggul, Jakarta
  • I Putu Adiartha Griadhi Fakultas kedokteran Universitas Udayana, Denpasar Bali
  • Bagus Komang Satriyasa Fakultas kedokteran Universitas Udayana, Denpasar Bali
  • Muh. Irfan Fakultas Fisioterapi, Universitas Esa Unggul, Jakarta

Abstract

Sekitar 65%-80% manusia akan mengalami NPB pada suatu waktu selama hidupnya (lifetime prevalence), bahkan sebagai penyebab yang serius dan persistem untuk timbulnya nyeri dan disabilitas. Frekuensi paling sering terjadi pada usia pertengahan antara 45-65 tahun. Sekitar 95% HNP terjadi pada region lumbal segmen L4-L5 atau L5-S1, area lumbal ini adalah COG tubuh manusia. Proses degeneratif dan traumatik adalah penyebab utama HNP. Tujuan penelitian untuk membuktikan penambahan nerve stretching lebih baik dibandingkan nerve gliding setelah Mc Kenzie exercise dalam menurunkan gangguan sensorik dan meningkatkan fleksibilitas nervus ischiadicus pada kasus HNP lumbal. Penelitian ini dilakukan di RSU Aisyiyah Ponorogo selama 4 Minggu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rancangan penelitian Randomized Pre and Post Test Group Design, subjek berjumlah 26 orang yang didapat dari populasi dan dibagi menjadi 2 Kelompok, masing-masing Kelompok 13 orang, Kelompok 1 diberikan perlakuan Nerve Stretching setelah Mc. Kenzie exercise sedangkan Kelompok 2 diberikan perlakuan nerve gliding setelah Mc. Kenzie exercise. Ke dua Kelompok diukur nilai gangguan sensorik berupa skor itensitas nyeri menggunakan NPRS-11 point dan nilai fleksibilitas berupa derajad lingkup SLR menggunakan universal goniometer. Hasil penelitan pada rerata selisih nilai intensitas nyeri Kelompok 1=5,85±0,555 dan Kelompok 2=4,92±0,760 dengan nilai p=0,002 (p=<0,05). Pada rerata selisih nilai lingkup SLR Kelompok 1=45,54±2,106 dan Kelompok 2=39,77±4,045 dengan nilai p=<0,001 (p=<0,05). Dapat disimpulkan bahwa penambahan nerve stretching lebih baik dibandingkan nerve gliding setelah Mc Kenzie exercise dalam menurunkan gangguan sensorik dan meningkatkan fleksibilitas nervus ischiadicus pada HNP lumbal.
Kata Kunci : nerve stretching, nerve gliding, Mc kenzie, gangguan sensorik dan fleksibilitas HNP lumbal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-12
How to Cite
NUGROHO, Fendy et al. PENAMBAHAN NERVE STRETCHING LEBIH BAIK DIBANDINGKAN NERVE GLIDING SETELAH MC KENZIE EXERCISE DALAM MENURUNKAN GANGGUAN SENSORIK DAN MENINGKATKAN FLEKSIBILITAS NERVUS ISCHIADICUS PADA HERNIA NUCLEUS PULPOSUS LUMBAL. Sport and Fitness Journal, [S.l.], jan. 2018. ISSN 2654-9182. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sport/article/view/36539>. Date accessed: 29 may 2020. doi: https://doi.org/10.24843/spj.2018.v06.i01.p12.
Section
Articles