RENANG LAMBAT GAYA BEBAS LEBIH EFEKTIF MENURUNKAN DENYUT NADI PEMULIHAN DARIPADA SENAM TAI CHI PADA ANGGOTA TNI-AD RINDAM IX/UDAYANA

  • Ni Ketut Dewita Putri Program Studi Magister Fisiologi Olahraga Universitas Udayana
  • Alex Pangkahila Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Syahmirza Indra Lesmana Fakultas Fisioterapi Universitas Esa Unggul
  • Nengah Sandi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Dewa Ayu Inten Dwi Primayanti Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • M. Ali Imron Program Studi Fisioterapi Stikes Aisyiyah

Abstract

Fase pemulihan merupakan bagian yang sangat penting untuk menjaga sistem kardiovaskulertubuh.Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan efektivitas renang lambat gaya bebas dan senam Tai Chi dalam menurunkan denyut nadi pemulihan pada anggota TNI-AD Rindam IX/Udayana.Penelitian ini bersifat eksperimental dengan rancangan penelitian pre dan post test group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan simplerandomsampling.Penurunan denyut nadi diukur menggunakan metode Brouha. Sampel dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok 1 (n=15) diberikan intervensi renang lambat gaya bebas setelah renang sprint gaya bebas 50 m, sedangkan kelompok 2 (n=15) diberikan intervensi senam Tai Chi setelah renang sprint gaya bebas 50 m. Penelitian ini dilakukan sebanyak 18 kali selama 6 minggu. Analisis statistik dengan Uji Paired sample T-test pada masing-masing Kelompok 1 dan Kelompok 2 sebelum dan sesudah intervensi menunjukkan hasil p = 0,000. Hal ini menunjukkan pada kedua kelompok terdapat perbedaan yang bermakna pada penurunan denyut nadi. Sedangkan uji beda Kelompok 1 dan Kelompok 2 dengan Uji Independent Sampel Test menunjukkan hasil p = 0,000 yang berarti bahwa penurunan denyut nadi pemulihan pada kedua kelompok menunjukkan perbedaan yang bermakna. Penurunan denyut nadi pemulihan pada Kelompok 1 sebesar 31,47 kali/menit, pada Kelompok 2 penurunan denyut nadi pemulihan sebesar 24,27 kali/menit. Disimpulkan bahwa renang lambat gaya bebas lebih efektif menurunkan denyut nadi pemulihan daripada senam Tai Chi pada anggota TNI-AD Rindam IX/Udayana. Diharapkan untuk melakukan renang lambat gaya bebas untuk mempercepat pemulihan denyut nadi.
Kata Kunci :Renang Lambat Gaya Bebas, Senam Tai Chi, Metode Brouha, Penurunan Denyut NadiPemulihan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-11
How to Cite
PUTRI, Ni Ketut Dewita et al. RENANG LAMBAT GAYA BEBAS LEBIH EFEKTIF MENURUNKAN DENYUT NADI PEMULIHAN DARIPADA SENAM TAI CHI PADA ANGGOTA TNI-AD RINDAM IX/UDAYANA. Sport and Fitness Journal, [S.l.], jan. 2018. ISSN 2654-9182. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sport/article/view/36512>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/spj.2018.v06.i01.p02.
Section
Articles