OPTIMASI PENEMPATAN TITIK INTERKONEKSI DISTRIBUTED GENERATION (DG) PLTM MUARA PADA PENYULANG PANJI DENGAN METODE GENETIC ALGORITHM (GA)

Main Article Content

I Komang Wahyu Trisna Putra Ngakan Putu Satriya Utama I Nyoman Setiawan

Abstract

Salah satu Distributed Generation (DG) yang beroperasi di Bali adalah Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) yang yang berada di Desa Sambangan, Kabupaten Buleleng. PLTM tersebut terhubung dengan salah satu penyulang di daerah Buleleng yaitu Penyulang Panji. PLTM tersebut memiliki kapasitas pembangkit sebesar 2 x 1,15 MW yang mampu membantu suplai daya listrik ke Penyulang Panji selain pasokan daya listrik dari Gardu Induk Pemaron. PLTM mampu memberikan pengaruh penurunan rugi daya (losses), namun penempatan titik interkoneksi yang kurang tepat dapat menyebabkan penurunan rugi-rugi daya yang kurang maksimal. Pada Penelitian ini dilakukan optimasi penempatan titik interkoneksi PLTM dengan metode Genetic Algorithm (GA) dan didapatkan lokasi terbaik titik interkoneksi PLTM berada pada bus 70 dengan rugi-rugi daya total sebesar 31 kW. Interkoneksi PLTM pada bus tersebut dapat menurunkan rugi-rugi daya aktif sebesar 5 kW dari total rugi-rugi daya awal saat kondisi eksisting yaitu pada bus 35 sebesar 36 kW menjadi 31 kW.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
WAHYU TRISNA PUTRA, I Komang; SATRIYA UTAMA, Ngakan Putu; SETIAWAN, I Nyoman. OPTIMASI PENEMPATAN TITIK INTERKONEKSI DISTRIBUTED GENERATION (DG) PLTM MUARA PADA PENYULANG PANJI DENGAN METODE GENETIC ALGORITHM (GA). Jurnal SPEKTRUM, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 141-147, june 2019. ISSN 2684-9186. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/spektrum/article/view/49792>. Date accessed: 23 june 2021. doi: https://doi.org/10.24843/SPEKTRUM.2019.v06.i02.p19.
Section
DAFTAR ISI

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>