ANALISIS GANGGUAN HUBUNG SINGKAT SIMETRIS DAN ASIMETRIS UNTUK MENENTUKAN KAPASITAS PENGAMAN YANG TERPASANG PADA JARINGAN DISTRIBUSI 20 kV PENYULANG MAMBAL

Main Article Content

I Kadek Purniawan Paramadita Ngakan Putu Satriya Utama I Wayan Arta Wijaya

Abstract

Gangguan hubungasingkat tenaga listrik ditimbulkan oleh hubung singkat tigaafaseasimetris, gangguan hubung singkat tidak simetris satu fase ke tanah dan gangguan hubung singkat tidak simetris antar fasa dan dua fasa ke tanah. Gangguan tersebut telah menyebabkan beberapa trip, kegagalan kerja relay dan recloser. untuk menentukan setting waktu kerja relay arus lebih dan recloser agar peralatan proteksi dapat bekerja dengan baik dilakukan simulasi gangguan hubung singkat pada beberapa titik lokasi gangguan yang dipilih berdasarkan kondisi di jaringan penyulang Mambal. Berdasarkan analisis, arus gangguan hubung singkat dipengaruhi oleh jarak tittik gangguan, semakin dekat titik gangguan dengan sumber maka semakin besar arus gangguan hubung singkat pada titik tersebut. Arus gangguan maksimum dan minimum hubung singkat mengakibatkan selisih waktu kerja relay di tiap lokasi dengan selisih waktu TMS selama 0,4 detik. Dilakukannya setting sistem proteksi pada penyulang Mambal sesuai dengan hasil analisis dapat memperbaiki selektifitas sistem proteksi pada Penyulang Mambal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
PARAMADITA, I Kadek Purniawan; SATRIYA UTAMA, Ngakan Putu; ARTA WIJAYA, I Wayan. ANALISIS GANGGUAN HUBUNG SINGKAT SIMETRIS DAN ASIMETRIS UNTUK MENENTUKAN KAPASITAS PENGAMAN YANG TERPASANG PADA JARINGAN DISTRIBUSI 20 kV PENYULANG MAMBAL. Jurnal SPEKTRUM, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 74-80, sep. 2019. ISSN 2684-9186. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/spektrum/article/view/52817>. Date accessed: 28 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/SPEKTRUM.2019.v06.i03.p10.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>