EVALUASI KINERJA PEMERINTAH TERHADAP KEPUASAN PETANI PADA OPERASI DAN PEMELIHARAAN JARINGAN IRIGASI PADA DAERAH IRIGASI TUNGKUB DAS SUNGI

Main Article Content

I Nyoman Setiawan I Nyoman Norken Kadek Diana Harmayani

Abstract

ABSTRAK


Kondisi jaringan Daerah Irigasi (DI) Pada daerah Irigasi Tungkub DAS Sungi khususnya pada saluran primer dan sekunder yang merupakan kewenangan pemerintah ditemukan beberapa indikasi kerusakan dan kebocoran air, terdapat pasangan permanen yang mengalami kebocoran akibat kerusakan, serta saluran sekunder yang masih dalam kondisi saluran tanpa pasangan/ existing tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kinerja Pemerintah dalam Operasi dan Pemeliharaan JaringanIrigasi serta mengevaluasi seberapa besar tingkat kepuasan petani terhadap layanan pemerintah dalam Operasi danPemeliharaan Jaringan Irigasi. Penelitian ini dilakukan pada Daerah Irigasi Tungkub DAS Sungi, digunakan pendekatan eksploratif dan bersifat deskriptif analitis. Dalam hal ini pendekatan eksploratif yaitu mempelajari dan meneliti tentang Daerah Irigasi Tungkub secara langsung, baik melalui kuisioner dan juga observasi atau pengamatan secara langsung.Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakan metode purposive sampling yang melibatkan 70 responden, terdiri dari pihak yang expertise dalam bidangnya.Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan skala likert yang digunakan untuk mengukur sikap, pendapat dan persepsi petani. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kinerja pemerintah dalam kegiatan operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi pada daerah irigasi tungkub DAS Sungi bahwa pemerintah memiliki kinerja baik dengan pencapaian nilai rata- rata 3.34 dan prosentase pencapai rata –rata sebesar 85.89 %. Sedangkan tingkat kepuasan petani terhadap kinerja yang dilakukan pemerintah menunjukan nilai prosentase lebih kecil yakni sebesar 83.11%, pencapaian tersebut diatas di peroleh dari hasil jawaban responden. Dimana tingkat kepuasan petani akan meningkat bilamana pemerintah mampu menampung aspirasi keinginan petani serta perlu diadakannya peyuluhan dan pelatihan kepada petani terkait kegiatan operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SETIAWAN, I Nyoman; NORKEN, I Nyoman; HARMAYANI, Kadek Diana. EVALUASI KINERJA PEMERINTAH TERHADAP KEPUASAN PETANI PADA OPERASI DAN PEMELIHARAAN JARINGAN IRIGASI PADA DAERAH IRIGASI TUNGKUB DAS SUNGI. JURNAL SPEKTRAN, [S.l.], v. 6, n. 2, july 2018. ISSN 2302-2590. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jsn/article/view/42290>. Date accessed: 17 jan. 2021.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>