PERILAKU KONSUMTIF THRIFTING ONLINE MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS UDAYANA PADA MEDIA INSTAGRAM
Abstract
Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana dalam thrifting online di Instagram. Metode penjelasan deskriptif kualitatif dan teori masyarakat konsumen oleh Jean Baudrillard digunakan untuk menganalisis data. Penelitian ini menggambarkan perilaku mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana sebagai konsumen thrifting online di Instagram. Thrifting online yang dilakukan secara berlebihan akan menimbulkan perilaku konsumtif pada mahasiswi untuk terus menerus mengkonsumsi pakaian thrifting. Sejumlah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana memiliki intensitas pembelian pakaian thrifting hingga 6 kali dalam waktu kurang dari sebulan. Faktor pendukung yang mendorong mahasiswi untuk memilih thrifting online di Instagram adalah (1) harga, (2) brand, (3) merasa nyaman dan aman, (4) model pakaian yang unik, dan (5) pengalaman baru thrifting online. Perilaku konsumtif dalam mengkonsumsi pakaian thrifting merupakan bagian dari konsumsi tanda/simbol berupa "merek" yang terdapat pada komoditas pakaian thrifting yang dibeli. Konsumsi "tanda/simbol" yang terdapat pada pakaian thrifting memberikan makna dan kesan baik yang hanya bisa dirasakan konsumen. Oleh karena itu, keinginan mahasiswi sebagai konsumen thrifting online tidak akan pernah berhenti untuk tetap mengkonsumsi pakaian thrifting dan sulit dipenuhi
Kata kunci: Perilaku Konsumtif, Thrifting Online, Mahasiswi, Masyarakat Konsumtif