PERILAKU KONSUMTIF THRIFTING ONLINE MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS UDAYANA PADA MEDIA INSTAGRAM

  • Dewa Ayu Sri Yundarini
  • I Nengah Punia
  • Ni Made Anggita Sastri Mahadewi

Abstract

Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana dalam thrifting online di Instagram. Metode penjelasan deskriptif kualitatif dan teori masyarakat konsumen oleh Jean Baudrillard digunakan untuk menganalisis data. Penelitian ini menggambarkan perilaku mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana sebagai konsumen thrifting online di Instagram. Thrifting online yang dilakukan secara berlebihan akan menimbulkan perilaku konsumtif pada mahasiswi untuk terus menerus mengkonsumsi pakaian thrifting. Sejumlah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana memiliki intensitas pembelian pakaian thrifting hingga 6 kali dalam waktu kurang dari sebulan. Faktor pendukung yang mendorong mahasiswi untuk memilih thrifting online di Instagram adalah (1) harga, (2) brand, (3) merasa nyaman dan aman, (4) model pakaian yang unik, dan (5) pengalaman baru thrifting online. Perilaku konsumtif dalam mengkonsumsi pakaian thrifting merupakan bagian dari konsumsi tanda/simbol berupa "merek" yang terdapat pada komoditas pakaian thrifting yang dibeli. Konsumsi "tanda/simbol" yang terdapat pada pakaian thrifting memberikan makna dan kesan baik yang hanya bisa dirasakan konsumen. Oleh karena itu, keinginan mahasiswi sebagai konsumen thrifting online tidak akan pernah berhenti untuk tetap mengkonsumsi pakaian thrifting dan sulit dipenuhi
Kata kunci: Perilaku Konsumtif, Thrifting Online, Mahasiswi, Masyarakat Konsumtif

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-11
How to Cite
YUNDARINI, Dewa Ayu Sri; PUNIA, I Nengah; SASTRI MAHADEWI, Ni Made Anggita. PERILAKU KONSUMTIF THRIFTING ONLINE MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS UDAYANA PADA MEDIA INSTAGRAM. JURNAL ILMIAH SOSIOLOGI: SOROT, [S.l.], v. 3, n. 1, july 2023. ISSN 2827-914X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sorot/article/view/100467>. Date accessed: 22 nov. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>