ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA LABORATORIUM DENGAN METODE KOMBINASI SERVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) BERBASIS QR CODE DAN OPTIMALISASI LAYANAN DI LABORATORIUM

Main Article Content

Ir. I G. A.A. Mirah Widiastiti

Abstract

Abstract: Salah satu unit penunjang akademik pada lembaga pendidikan yakni laboratorium pendidikan. Dengan menggunakan metode kombinasi antara Service Quality (Servqual) dengan Importance Performance Analysis (IPA) maka kepuasan pengguna lab khususnya terkait dengan kinerja asisten dan kondisi laboratorium akan mudah untuk dianalisis.  Melalui metode tersebut maka pengumpulan kuisioner itu sendiri, di era digitalisasi akan menggunakan telepon seluler yang telah dilengkapi dengan fitur QR Code: google form sehingga memudahkan peneliti untuk meyebarkan kuisioner. QR Code berfungsi untuk mengidentifikasi sebuah informasi dan memiliki kelebihan yakni kecepatan dan ketepatan dalam mengakses informasi dimanapun dan kapanpun kita berada. Kombinasi antara metode servqual dengan IPA dalam hal tingkat kepuasan layanan dapat memberikan penilaian secara obyektif terhadap kondisi atau keadaan lab sehingga hasilnya relatif mudah diinterpretasikan, relatif mudah dimengerti, dan memberikan manfaat yang besar baik kepada peneliti maupun laboratorium untuk mengembangkan kinerja dalam meningkatkan kualitas pelayanan di laboratorium. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kepuasan pengguna laboratorium dengan metode kombinasi servqual dan Imprtance Performance Analysis (IPA) berbasis QR Code serta tercapainya optimalisasi layanan di laboratorium. Hasil penelitian disimpulkan bahwa prosentase sangat puas yang paling tinggi pada pengguna yaitu pada poin kebersihan ruang laboratorium sebesar 53,1%. Pada penilaian terhadap pelayanan petugas yakni penguasaan terhadap alat dan bahan prosentase sangat puas sebesar 52,5% serta terhadap peralatan dan bahan, poin sanngat puas dengan prosentase 44,3% pada manual prosedur alat dan bahan dan poin kemampuan alat dan bahan dalam membantu tugas/pekerjaan.


Kata Kunci : Kepuasan Pengguna, Servqual dan IPA, Laboratorium

Article Details

How to Cite
WIDIASTITI, Ir. I G. A.A. Mirah. ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA LABORATORIUM DENGAN METODE KOMBINASI SERVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) BERBASIS QR CODE DAN OPTIMALISASI LAYANAN DI LABORATORIUM. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi (Senastek), [S.l.], v. 9, n. 1, p. 44-48, dec. 2024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/senastek/article/view/118854>. Date accessed: 04 feb. 2025.
Section
Articles

References

Anggraeni, Aprilianingtyas, dkk. 2013. Pengelolaan Laboratorium Biologi Untuk Menunjang Kinerja Pengguna dan Pengelola Laboratorium Biologi SMA Negeri 2 Wonogiri. Unnes Journal of Biology Education, No. 2, Tahun Ke-3, 2013. ISSN 2252- 6579.
NLP Kertiasih. 2016. Peranan Laboratorium Pendidikan Untuk Menunjang Proses Perkuliahan Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Denpasar. Jurnal Kesehatan Gigi Vol.4 No.2 (Agustus 2016)
Hari Putranto. 2016. Pengelolaan dan Pengembangan Sara Praktikum Laboratorium Dasar Instalasi Listrik Pada Prodi PTE Universitas Negeri Malang. Jurnal TEKNO Vol 25, Maret, ISSN: 1693-8739.
Nyoman, Kertiasa. 2013. Laboratorium Sekolah dan Pengelolaannya. Bandung: Pudak Scientific.
SNI ISO/IEC 17025:2008 Persyaratan umum kompetensi laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi.
Supranto,MA.APU. 2011 Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan.Rineka Cipta.
Dirjen Pendidikan. Rencana Strategis Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Tahun 2020- 2024. Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; 2020. 141
Permana RT. Analisis Kepuasan Pengguna Laboratorium: Studi Kasus di Laboratorium Jurusan Teknik Industri Universitas Islam Indonesia. Universitas Islam Indonesia. 2020
Barusman ARP. The Effect of Security, Service Quality, Operations and Information Management, Reliability &Trustworthiness on E-Loyalty moderated by Customer Satisfaction on the Online Shopping Website. Int J Supply Chain Manag. 2019;8(6):587–94
Murray J, Elms J, Curran M. Examining empathy and responsiveness in a high-service context. Int J Retail Distrib Manag. 2019;47(12):1364–78
Suhail P, Srinivasulu Y. Perception of service quality, satisfaction, and behavioral intentions in Ayurveda healthcare. J Ayurveda Integr Med [Internet].
Cerna, P & Neda, S. (2016). Service Quality Assessment of Instructional Laboratories in Haramaya University: Basis for Total Quality Management Policy. American Journal of Operations Management and Information Systems 2016; 1(1): 39-47
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. Permenpan-RB Nomor 7 Tahun 2019 Tentang Jabatan Fungsional Pranata Laboratorium Pendidikan. Jakarta; 2019