LEARNING VOCABULARY USING ENGLISH MOVIE WITH SUBTITLES IN SMAK SANTO YOSEPH
Abstract
Artikel ini berjudul “Learning Vocabulary Using English Movie with Subtitles in SMAK Santo Yoseph”. Film berbahasa inggris dapat memotivasi siswa untuk mempelajari kosa kata dan memahami bahasa inggris dengan lebih baik. Maka, berdasarkan alas an tersebut, artikel ini akan membahas bagaimana film berbahasa inggris mempengaruhi kemajuan siswa dalam mempelajari kosa kata bahasa Inggris. Data untuk penelitian ini diperoleh dari hasil beberapa kali tes yang dikerjakan oleh 10 siswa kelas 12, SMAK Santo Yoseph Denpasar. Para siswa diberikan tes untuk mengetahui bagaimana perkembangan siswa dalam memperoleh kosa kata baru dalam bahasa inggris setelah mereka menonton film dengan menggunakan teks terjemahan. Data pada penelitian ini dianalisa dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa film berbahasa inggris yang menggunakan teks memiliki efek dalam pemahaman kosa kata apabila ditonton lebih dari satu kali. Menonton film berbahasa Inggris lebih dari satu kali dapat membantu siswa untuk mengenali kosa kata baru, dan juga dapat mempelajari ungkapan-ungkapan baru dalam bahasa Inggris. Selain itu, menonton film bergahasa Inggris dengan mengunakan teks juga dapat meningkatkan kemampuan siswa, seperti kemampuan membaca, mengengar, dan juga berbicara atau penngucapan dalam bahasa Inggris. Menonton film berbahasa Inggris dengan bantuan teks membantu siswa SMAK Santo Yoseph untuk memahami bahasa Inggris dan memperoleh kosa kata baru. Hal itu dapat terlihat dari hasil observasi yang menunjukan bahwa kamampuan siswa dalam perbendaharaan kosa kata bahasa Inggris bertambah setelah menonton film dengan bantuan teks