DVD COVERS: A STUDY OF SEMIOTIC

  • I Putu Agus Tira Andika

Abstract

Penelitian ini berjudul DVD Covers: A Study of Semiotics. Semiotik adalah bidang akademis yang mempelajari ilmu tentang tanda. Semiotik secara umum memberikan kita penjelasan mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan tanda seperti: tulisan, gambar, pertunjukkan, produksi multimedia, sinyal lampu jalan, kehidupan sehari-hari, dan lain-lain. Sampul DVD dapat dikatakan sebagai iklan yang ditujukan untuk menarik perhatian dari calon pembeli. Desain sampul DVD sangat berperan karena hal itu merupakan unsur pemasaran yang digunakan untuk menarik pembeli. Berdasarkan penjelasan di atas, sangat menarik untuk membahas studi semiotik di sampul DVD karena beberapa alasan. Pertama, semiotic di sampul DVD jarang dibahas. Di samping itu, cukup menantang untuk menganalisa apa saja unsur semiotik (penanda – arti) dan koherensi antara tanda verba dan visual dari sampul DVD. Data diambil dari lima macam sampul DVD yang berbeda, yaitu Skyfall, MAMA, Ted, Love Actually, dan The Smurf. Ada dua tahap dalam pengumpulan data. Pertama, lima sampul DVD yang digunakan sebagai data di penelitian ini diunduh dari www.getdvdcover.com yang menyediakan berbagai macam sampul DVD. Lalu, data yang terkumpul diobservasi dan diklasifikasikan. Data di penelitian ini akan dianalisa menggunakan metode kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa setiap sampul DVD memiliki aturan tersendiri dari konsep penanda dan artinya yang memberikan makna baik secara verba dan visual yang membentuk karakteristik dari film. Penanda verba di sampul DVD adalah sinopsis, fitur special, logo dan akreditasi. Sementara itu penanda visual adalah gambar (tokoh), keadaan (tempat, waktu) dan suasana hati (warna) Makna penanda verba dan visual yang ditemukan dalam sampul DVD yang digunakan sebagai data penelitian adalah untuk menyampaikan pesan kepada calon pembeli. Penanda verba memiliki peran untuk memberi informasi, sementara penanda visual mempercantik sampul sehingga menarik perhatian dari calon pembeli. Koherensi dari penanda verba dan visual dalam iklan akan membantu konsumen untuk mengerti pesan yang terdalam film.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
AGUS TIRA ANDIKA, I Putu. DVD COVERS: A STUDY OF SEMIOTIC. Humanis, [S.l.], aug. 2014. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/8802>. Date accessed: 22 nov. 2024.
Section
Articles

Keywords

Semiotik, Penanda Verba dan Visual, Sampul DVD