ANTHEMS AND LOGOS IN MANCHESTER UNITED AND LIVERPOOL: A STUDY OF SOCIAL SEMIOTICS

  • Dina Puspitasari

Abstract

Sepakbola merupakan olahraga yang sangat populer di seluruh dunia. Sejarah dunia persepakbolaan Inggris panjang dan sangat terperinci, dan Inggris menjadi tempat dimana olahraga ini berkembang. Penyebarluasan penggunaan symbol dalam sepakbola sebagaimana warna club serta logo sangatlah penting. Semiotik social merupakan semiotic yang menelaah system tanda yang dihasilkan oleh manusia yang berwujud lambing, baik lambing kata maupun lambang rangkaian kata berupa kalimat. Tujuan dari penelitian berjudul “Anthems and Logos in Manchester United and Liverpool: A Study of Social Semiotics” adalah untuk menganalisa symbol atau logo dan makna anthem dari Manchester United dan Liverpool., untuk mengetahui lebih dalam mengenai aspek verbal dan visual, arti dan fungsi, serta hubungannya dalam membentuk karakter klub sepakbola tersebut. Analisa aspek visual menggunakan teori dari Arthur Asa Berger (1984),serta analisa lirik dari anthem menggunakan teori konteks situasi oleh Halliday (1985). Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa visual dan verbal aspek dari Manchester United menekankan bahwa Manchester United merupakan klub yang kuat dan memiliki semangat sportivitas yang tinggi. Sedangkan visual dan verbal aspek Liverpool menekankan pada semangat kebersamaan . Anthem dan symbol merupakan atribut untuk membentuk karakter sebuah klub.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
PUSPITASARI, Dina. ANTHEMS AND LOGOS IN MANCHESTER UNITED AND LIVERPOOL: A STUDY OF SOCIAL SEMIOTICS. Humanis, [S.l.], june 2014. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/8764>. Date accessed: 04 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Semiotik sosial, anthem, logo.