THE EFFECT OF ENGLISH VIDEODISC IN ACQUIRE ENGLISH
Abstract
Videodisk adalah piranti elektronik yang saat ini berkembang sangat pesat. Sebuah videodisk menurut Microsoft Encarta (2009) berisi rekaman suara, transkrip, rekaman video, film, dll. Dewasa ini anak-anak sering berinteraksi dengan piranti tersebut, selain mereka berinteraksi dengan televisi, komputer, telepon genggam, dll. Rekaman dimaksud berupa audiovisual atau berbentuk videodisk. Salahsatu bentuk videodisk itu adalah DVD berbahasa Inggris yang merupakan salah satu media bagi anak-anak dalam memperoleh maupun belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. English Make Easy adalah sebuah DVD yang berisi berbagai film yang dinamis, karakter yang lucu dan menarik, percakapan yang menyenangkan, cerita yang menghibur dan banyak sekali kosakata bahasa Inggris yang disajikan sehingga membuat anak-anak akan lebih tertarik untuk menontonnya. Artikel ini menekankan pada kemampuan bahasa Inggris anak-anak sebelum dan setelah mereka menonton DVD English Make Easy. Data dikumpulkan peneliti dengan cara menonton DVD dahulu, kemudian mencatat dialog yang ada di dalamnya. Data dari disk digunakan untuk membuat pertanyaan pilihan ganda. Data dari anak-anak dikumpulkan dengan cara memberikan tes sebelum dan tes sesudah menonton video disk, kemudian hasil test dibandingkan untuk melihat peningkatan. Dari hasil test yang dilakukan dipergunakan untuk menjawab hipotesis yang disebutkan oleh peneliti. Teori utama pembelajaran bahasa diambil dari Brown (2000), sedangkan teori eksperimen berbentuk tes sebelum dan tes sesudah diambil dari Sarwono (2006). Hasil penelitian menunjukkan kemampuan rata-rata seluruh anak meningkat setelah menonton video disk sebanyak dua kali. Kemampuan rata-rata meningkat 12,9% dari disk pertama, meningkat 9,6% dari disk kedua, meningkat 13% dari disk ketiga dan dari disk keempat meningkat 14,6%.