THE ANALYSIS VERBAL AND NON-VERBAL SIGNS OF PRINTED PUBLIC SERVICE ADVERTISEMENTS

  • I Komang Edy Sudiantara

Abstract

Internet merupakan media iklan yang sangat efective pada masa kini karena internet sangat mudah diakses oleh banyak orang kapanpun dan dimanapun baik dari layanan internet yang diakses dengan menggunakan computer jinjing, tablet compter, atau juga dengan handphone. Setiap iklan layanan masyarakat di internet mengandung tanda-tanda verbal dan non-verbal yang memiliki makna dan fungsi. Penelitian ini menggunakan 2 iklan layanan masyarakat yang diambil dari internet, sebagai data di dalam penelitian ini. Setiap tanda-tanda dalam iklan layanan masyarakat memiliki makna tersendiri yang saling berhubungan dan saling mendukung satu sama lainnya. Tandatanda di dalam iklan memiliki makna yang berfungsi membuat masyarakat lebih sadar dan memahami tentang apa yang disampaikan dalam iklan tersebut. Selain memiliki makna, tanda-tanda di dalam iklan juga mempunyai fungsi yang juga mengacu pada fungsi iklan tersebut. Iklan yang digunakan sebagai data dalam penelitian ini pertama-tama di identifikasi structurnya dan di analisa sesuai dengan structur iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan teory dari Leech yang mengidentifikasi conceptual dan connotative meanings (1981:9- 11) dan juga teory functions (1974:47-50). Selain teory dari Leech penelitian ini juga menggunakan teory dari Color Psychology, (2000)‘How Colors Impact Moods, Feelings and Behaviors, untuk menganalisa makna dari warna-warna yang digunakan dalam iklan tersebut. Penelitian ini menghasilkan temuan ternyata makna dari tanda-tanda dalam iklan layanan masyarakat menyadarkan kita tentang hal-hal yang berguna untuk kehidupan kita. Fungsi dari dibuatnya iklan layanan masyarakat adalah untuk menyadarkan dan mengajak kita melakukan sesuatu yang berguna bagi kehidupan kita.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
EDY SUDIANTARA, I Komang. THE ANALYSIS VERBAL AND NON-VERBAL SIGNS OF PRINTED PUBLIC SERVICE ADVERTISEMENTS. Humanis, [S.l.], may 2014. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/8753>. Date accessed: 28 sep. 2024.
Section
Articles

Keywords

iklan layanan masyarakat, makna, fungsi