LANGUAGE PROFICIENCY OF ENGLISH TEACHERS OF VOCATIONAL HIGH SCHOOL IN BALI

  • Rusyanto cs

Abstract

Bahasa kemahiran para guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Kejuruan di Bali merupakan tolak ukur kemahiran dalam berbahasa Inggris dalam proses belajar mengajar kepada para siswanya. Kemahiran Bahasa Inggris para guru SMK dilakukan lewat ujian nasional. Ujian Nasional TOEIC 2012 yang dilaksanakan pada tanggal 5 Mei 2012 oleh kedutaan Inggris di Jakarta sebagai Panitia Penyelenggara. TOEIC merupakan Tes Bahasa Inggris Internasional untuk komunikasi menjadi ukuran dalam pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Kejuruan di dalam penunjang kurikulum nasional pengajaran Bahasa Inggris di sekolah-sekolah di Indonesia. TOEIC 2012 diikuti oleh 700 peserta termasuk 75 guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Kejuruan yang merupakan perwakilan dari 8 kabupaten dan 1 Kotamadya di Bali. Hanya 75 guru yang berasal dari Bali mendapatkan hasil TOEIC 2012 dibawah Standart Nasional. Hasil dari TOEIC 2012 ini di analisa dan dikaji dengan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif.
Ada dua faktor yang mempengaruhi hasil TOEIC 2012 masih dibawah standard nasional. Faktor-faktor itu adalah : faktor psykologi dan faktor non psikologi. Toeri yang digunakan teory hyme and George Hillock yang dihubungkan oleh hasil TOEIC Listening, Reading, Writing dan Speaking.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
CS, Rusyanto. LANGUAGE PROFICIENCY OF ENGLISH TEACHERS OF VOCATIONAL HIGH SCHOOL IN BALI. Humanis, [S.l.], mar. 2014. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/8360>. Date accessed: 06 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Tujuan TOEIC, 2 faktor dan Standard Nasional 1. Background