REPETITION IN THE CHILDREN STORY OF HANSEL AND GRETEL

  • Ida Ayu Komang Trisusanti

Abstract

Tujuan skripsi berjudul “Repetition In The Children Story Of Hansel and Gretel” adalah mengidentifikasi dan mengklasifikasikan jenis repetisi yang paling sering muncul dalam cerita Hansel dan Gretel, serta menjelaskan bagaimana Simple Lexical Repetition digunakan dimana seharusnya Reference digunakan dalam cerita Hansel dan Gretel. Teks berbahasa Inggris pada dasarnya menghindari repetisi dan menggunakan alat kohesi lainnya, seperti reference, substitution, dan conjunction Bagaimanapun juga, teks dalam cerita anak-anak hampir selalu menggunakan repetisi. Data dikumpulkan menggunakan studi pustaka dan di analisis untuk mengetahui jenis repetisi yang paling sering muncul dalam cerita Hansel dan Gretel dan alasan dipilihnya penggunaan Simple Lexical Repetition dibanding reference dalam cerita Hansel dan Gretel. Disamping itu, data yang dikumpulkan juga di analisis secara qualitatif dan deskriptif.
Dua teori digunakan dalam menganalisa data dalam tulisan ini. Teori pertama adalah teori repetisi yang diusulkan oleh Hoey, yang merupakan reproduksi dari teori kohesi Halliday dan Hasan. Teori kedua diusulkan oleh Norton. Menurut Norton, perkembangan bahasa anak-anak dimulai pada masa prasekolah dan berlanjut saat anak berusia sekolah dasar, dimana pada masa ini kekuatan bahasa anak-anak bertambah secara berturut-turut dalam mengontrol bentuk bahasa, termasuk kemampuan untuk mengatasi/menangani kata ganti, kata kerja, dan kata penghubung.
Hasil analisis dari studi ini menunjukkan bahwa Simple Lexical Repetition adalah jenis repetisi yang paling sering muncul dalam cerita anak-anak. Repetisi jenis ini sering muncul karena penggunaan reference akan membingungkan anak-anak yang mendengar cerita tersebut karena mereka belum bisa mengatasi pronoun)meskipun mereka sudah mengenal pronoun. Demikianlah kenapa repetisi dalam bentuk kata yang sama selalu muncul, khususnya repetisi dengan nama karakter di dalam cerita.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
KOMANG TRISUSANTI, Ida Ayu. REPETITION IN THE CHILDREN STORY OF HANSEL AND GRETEL. Humanis, [S.l.], apr. 2014. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/7079>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Repetisi, Simple Lexical Repetition