VERBAL AND VISUAL SIGNS IN BMW WINTER TYRES ADVERTISEMENT

  • Putu Aris Septiawan

Abstract

Judul dari jurnal ini adalah “Tanda Kalimat dan Tanda Gambar pada Iklan Ban Musim Dingin BMW.” Majalah sebagai media cetak berisikan banyak iklan yang ditawarkan oleh perusahaan. Setiap iklan memiliki dua tanda yaitu tanda kalimat dan tanda gambar. Oleh karena itu, jurnal ini bertujuan untuk menganalisis tanda kalimat dan tanda gambar yang terdapat pada iklan ban musim dingin BMW. Iklan tersebut diambil dari majalah BMW Car (Nopember, 2012). Untuk menganalisis iklan tersebut , jurnal ini menggunakan metode dokumentasi pada pengumpulan data dan metode kualitatif pada penganalisisan data. Dalam menganalisis pokok permasalahan menggunakan teori tanda kalimat dan gambar yang dikemukakan oleh Dyer dan teori pendukung yang dikemukakan oleh Leech mengenai komponen media cetak yang terdiri dari headline/kepala berita, illustration/gambar, body copy/isi berita, signature line/cap dagang, dan standing details/informasi. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa tanda kalimat dan tanda gambar terdapat pada iklan ban musim dingin BMW. Tanda kalimat terdapat pada beberapa komponen media cetak, seperti pada kepala berita , isi berita, cap dagang dan informasi. Sementara ilustrasi/ gambar sebagai komponen media cetak terdapat pada tanda gambar yang terlihat penuh dengan warna untuk memberikan pesan dan menarik perhatian pembaca.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
SEPTIAWAN, Putu Aris. VERBAL AND VISUAL SIGNS IN BMW WINTER TYRES ADVERTISEMENT. Humanis, [S.l.], sep. 2013. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/6582>. Date accessed: 04 may 2024.
Section
Articles

Keywords

tanda kalimat, tanda gambar dan iklan.