Bertahannya Pasar Tradisional Sanglah di Tengah-Tengah Pengaruh Pasar Modern di Denpasar Tahun 2000-2018
Abstract
This study is entitled The Survival of Sanglah Traditional Market in the Middle of the Effect of Modern Markets in Denpasar in 2000-2018. Sanglah Market is surrounded by many modern markets. Economic developments that occur at this time lead to competition between the Sanglah market and the modern market in Denpasar. The research method used is the historical research method which consists of four stages, namely heuristics, source criticism, interpretation and historiography. The results of this study indicate that the Sanglah market is one of the engines of economic growth for the City of Denpasar. The rise of the development of modern markets in the city of Denpasar requires traders in the Sanglah market to innovate more in maintaining their existence. The many modern markets in Denpasar City have their own impact on traders in the Sanglah market both economically and socially, such as the decline in the income of traders, besides that the modern market also impacts on people's lifestyles.
Downloads
References
Agusyanto, Ruddy. (2007). Jaringan Sosial Dalam Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo.
Alma, Buchari. (1992). Dasar-dasar Bisnis dan Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Aryani, Dwinita. (2011). “Efek Pendapatan Pedagang tradisional Dari Ramainya Kemunculan Minimarket Di kota Malang”. Jurnal Dinamika Manajemen. Vol. 2, No. 2.
Azimah, D dkk. (2013). “Kontribusi Pasar Tradisional dan Pasar modern Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Semarang Tahun 2011 (Studi Kasus di Wilayah Kecamatan Banyumanik)”. Jurnal Ilmu Pemerintaha. Vol. 2, No. 2.
Devi, Ni Made Winda Roosdiana. (2013). “Pasar Umun Gubug Di Kabupaten Grobongan Dengan Pengolahan Tata Ruang Dan Dalam Melalui Pendekatan Ideologi Fungsionalisme Utilitarian”. Jurnal.
Faizah, Siti Inayatul. (2011) “Peran Pasar Tradisional Dalam Menyerap Angkatan Kerja Perempuan”, Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, Surabaya: Universitas Erlangga. Vol. 1, No. 2.
Field, John. (2010). Modal Sosial. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Ifah, M. F.R. Sutikno dan N. Sari. (2011). “Pengaruh Toko Modern Terhadap Toko Usaha Kecil Skala Lingkunga Studi Kasus: Minimarket Kecamatan Blimbing Kota Malang”. Jurnal Tata Kota dan Daerah. Vol. 3, No. 1.
Kartodirdjo, Sartono. (2017). Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Kuntowijoyo. (2003). Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Permatasari, Wulan. (2016). “Pengaruh Persepsi Tentang Minimarket Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Pedagang di Pasar Tradisional Ciputat Kota Tanggerang Selatan Provinsi Banten”, Skripsi. Jakarta: Jurusan Pendidikan Ekonomi Faklutas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarief Hidayatullah.
Pohan, Faizal Ricky. (2011). “Perkembangan Pasar Badung Di Kota Denpasar Tahun 1992-2009”. Skripsi. Denpasar: Jurusan Sejarah Fakultas Sastra Universitas Udayana.
Rahmawati, Dwisara Ajeng dan Drajat Tri Kartono. (2017). “Modal Sosial dan Pasar Tradisional (Studi Kasus di Pasar Legi Kotagede Yogyakarta)”. Jurnal Sosiologi Dilema. Surakarta: Lab Sosiologi Fisip UNS. Vol. 32, No. 2.
Rakhmawati, Nurul. (2015). “Peran Higiene dan Sanitasi Dalam Proses Pengolahan Makanan”. Jurnal Khasanah Ilmu. Yogyakarta: AKPAR BSI Yogyakarta. Vol. VI. No. 1.
Ridwan, Muhammad. (2012). “Pasar Tradisional Dalam Perspektif Masyarakat”. Jurnal Sosial Ekonomi. Vol.1 No. 3.
Rusham. (2016). “Analisis Dampak Pertumbuhan pasar Modern Terhadap Eksistensi Pasar Tradisional di Kabupaten Bekasi”. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 10. No. 2.
Sadino, Joesron Alie Syahbana. (2014). “Pasar Tradisional Versus Pasar Modern di Daerah Perkotaan (Studi Kasus: Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta)”. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota. Undip. Vol. 10. No. 2.
Setyo, Purnomo Edwin. (2017). “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Best Autoworks”. Jurnal Manajemen dan Star-Up Bisnis. Surabaya: Vol. 1, No. 6.
Sitepu, Rasidin Karo-Karo. “Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Kinerja Ekonomi Regional”. Jurnal. Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara: Medan, Vol.1, No.1.
Supartini, I G.A.N. (1995). “Perkembangan Pasar di Kota Denpasar 1950-1993”. Skripsi. Denpasar: Jurusan Sejarah Fakultas Sastra Universitas Udayana.
Susilo, Agus dan Taufik. (2015). “Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Usaha Ritel Koperasi/Waserda dan Pasar Tradisional”. Jurnal
Thompson, Paul. (2013). Teori dan Metodologi Sejarah Lisan. Yogyakarta: Ombak.
Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: Andi.
Wahyono, Budi. (2017). “Analisis Faktor-Faktor Ynag Mempengaruhi Pendapatan Pedagang di Pasar Bantul Kabupaten Bantul”. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi. Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Volume 6, Nomor 4.
Widiandra, Damasus Ottis dan Hadi Sasana. (2013). “Analisis Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Keuntungan Usaha Pedagang Pasar Tradisional Studi Kasus di Pasar Tradisional Kecamatan Banyumanik Kota Semarang”. Diponegoro Journal Of Economics. Semarang: Jurusan IESP Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Vol. 2, No. 1